Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Huawei Bohong, Tak Ada Leica di Android P9

Kompas.com - 20/04/2016, 15:45 WIB
Reska K. Nistanto

Penulis

Sumber Droid Life

KOMPAS.com - Smartphone Android terbaru Huawei, P9, yang diluncurkan di London awal April ini dibangga-banggakan mengusung kamera buatan pabrikan optik kenamaan Leica. Belakangan diketahui bahwa klaim Huawei tersebut ternyata bohong, hanya sebatas trik marketing saja.

Terkuaknya kedok Huawei P9 pertama kali diungkap oleh situs berbahasa China MyDrivers. Huawei sendiri yang memberikan pernyataan kepada situs tersebut bahwa Leica tidak memasok optik kamera ponsel tersebut.

Lalu, kenapa bisa beredar kabar Huawei bekerja sama dengan Leica dalam mengembangkan kamera P9 dan P9 Plus?

Dikutip KompasTekno dari Droid-Life, Rabu (20/4/2016), Huawei mengaku menggunakan modul optik dan kamera buatan vendor China, Sunny Optical. Modul yang dipakai dalam P9 dan P9 Plus itu oleh Sunny Optical telah mendapat sertifikat otorisasi dari Leica.

Namun, tidak dijelaskan sertifikat otorisasi seperti apa yang dimaksud. Apakah modul kamera dan optik buatan Sunny memiliki standar Leica atau tidak.

Jadi, keterlibatan Leica dalam pengembangan P9 dan P9 Plus ternyata hanyalah sebatas peminjaman sertifikasi modul kamera dan optiknya saja kepada Sunny Optical.

Modul lensa buatan Sunny Optical yang dipinjami sertifikasi Leica itulah yang dipakai oleh Huawei dalam kamera ponsel Androidnya, P9 dan P9 Plus, lalu dijadikan sebagai bahan kampanye pemasaran.

ist Modul lensa dual-lens Sunny Optical yang dipakai di Huawei P9.
Sunny Optical sendiri bukan perusahaan kecil. Situs My Drivers menyebutnya sebagai pemasok kamera ponsel terbesar di dunia.

Sebelumnya, Huawei mengklaim telah menjalin kerja sama dengan Leica di ajang CP+, pameran fotografi terbesar di Jepang.

Baca: Huawei Umumkan Kerja Sama dengan Leica

Dalam keterangan tertulisnya, Huawei mengatakan kedua perusahaan akan menggabungkan sumber daya dan teknologi yang dimiliki untuk membuat standar baru dalam hal fotografi mobile (smartphone).

Di situs resmi Huawei, perusahaan itu menuliskan bahwa algoritma kualitas foto Android P9 dirancang dengan bantuan dari Leica. Yang tidak ditulis Huawei adalah "bantuan" dari Leica itu hanya sebatas sertifikasi modul yang diberikan kepada pemasok lensa kamera ponselnya.

Jadi bisa disimpulkan bahwa lensa Leica tidak akan dipakai di ponsel Android buatan Huawei.

Leica tidak memiliki keterlibatan sama sekali dalam merancang ponsel Huawei. Kabar sebelumnya adalah trik marketing yang dilakukan Huawei untuk menaikkan pamor ponsel Android itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com