Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

iQoo 11 5G Resmi, Flaghsip Pertama di Indonesia dengan Snapdragon 8 Gen 2

KOMPAS.com - Meski jadi pendatang baru di Indonesia, merek ponsel iQoo (dibaca: Aiku), sub-merek dari brand smartphone Vivo, tampaknya punya nyali yang cukup besar.

Pasalnya, iQoo baru saja meluncurkan ponsel perdana mereka di Tanah Air yang bernama iQoo 11 5G, perangkat yang bahkan belum diperkenalkan di negara manapun, termasuk di negara asalnya China.

"Indonesia menjadi negara pertama di Asia Tenggara yang meluncurkan iQoo 11," jelas iQoo Head of Marketing, Robiat Fahlevie dalam peluncuran online iQoo 11 di berbagai media sosial resmi iQoo, Kamis (8/12/2022).

Selain itu, ponsel perdana iQoo ini juga bukan perangkat biasa yang menyasar pasar entry-level atau mid-range, melainkan ponsel high-end (flagship) yang ditenagai dengan chipset terbaru dan tertangguh Qualcomm, Snapdragon 8 Gen 2.

"iQoo 11 merupakan smartphone flagship pertama yang ditenagai Snapdragon 8 Gen 2 di Indonesia," imbuh Fahlevie.

Secara kemampuan, chipset Snapdragon 8 Gen 2 dibekali dengan prosesor (CPU) delapan inti yang memiliki kecepatan clock maksimal mencapai 3,2 GHz.

Komponen CPU ini diklaim memiliki peningkatan efisiensi daya sebesar 40 persen dibanding Snapdragon 8 Gen 1.

Unit pengolah grafis (GPU) chipset tersebut, yang memiliki model Adreno 740, juga diklaim 25 persen lebih tangguh dibanding generasi sebelumnya.

Untuk menunjang performanya lebih lanjut, chipset di iQoo 11 turut dipadukan dengan RAM jumbo dengan besar 16 GB (LPDDR5X), serta media penyimpanan (storage) dengan kapasitas 256 GB (UFS 4.0).

Dengan kombinasi hardware ini, iQoo mengeklaim iQoo 11 5G merupakan ponsel komersil terkencang di Indonesia saat ini dengan hasil skor benchmark AnTuTu mencapai 1.323.820 poin.

Di samping komponen "otak", iQoo 11 juga memiliki spesifikasi layar yang terbilang cukup mumpuni dengan panel 2K E6 AMOLED Display.

Layar berukuran 6,78 inci tersebut memiliki resolusi 3.200 x 1.440 piksel yang memiliki dukungan refresh rate hingga 144 Hz, dukungan fitur HDR10+, serta tingkat kecerahan ekstrim hingga 1.800 nits.

Selain layar, kamera juga menjadi salah satu aspek yang diandalkan iQoo di iQoo 11. Ponsel ini dibekali dengan tiga kamera belakang dan satu kamera depan.

Deretan kamera belakang di iQoo 11 terdiri dari kamera utama 50 MP GNS Ultra-Sensing Camera (f/1.88, 23mm, OIS), kamera ultrawide 8 MP (f/2.2, 16mm, bidang pandang 116 derajat), serta kamera telefoto 13 MP (f/2.45, 50mm, 2x optical zoom).

Sedangkan kamera depan ponsel ini memiliki resolusi 16 MP (f/2.45, 27mm).

Fitur pendukung kamera mencakup 4K Super Night Video untuk merekam video 4K di malam hari, hingga Zero-Shutter-Lag Motion Snapshot untuk mengurangi delay ketika pengguna menekan tombol shutter.

Ada pula fitur Night Camera Panning, Best Moment Snapshot, Pure Night View, OIS Auto Reset, Automatic Perspective Correction, Studio-Quality Superb Portrait, dan masih banyak lagi.

Untuk meningkatkan kualitas foto, iQoo 11 5G turut dibekali dengan unit pemrosesan gambar Vivo V2 Chip.

Kombinasi chip V2 dengan deretan kamera Vivo diklaim bisa memberikan pengalaman fotografi mumpuni, serta kualitas foto dan video yang bagus meski diambil pada malam hari.

Selain fitur-fitur yang sudah disebutkan di atas, iQoo 11 turut dibekali dengan beragam fitur lainnya. Salah satunya adalah baterai bongsor berkapasitas 5.000 mAh yang mendukung pengisian cepat 120W FlashCharge.

"Dengan teknologi 120W FlashCharge, baterai 5.000 mAh di ponsel ini bisa terisi dari 0-50 persen dalam waktu 8 menit," Head of Product iQOO Indonesia, Praditya Putra, di kesempatan yang sama.

iQoo 11 menjalankan sistem operasi (OS) Android 13 yang dipoles dengan tampilan antarmuka (UI) Funtouch OS 13 Global.

Fitur pendukung lainnya mencakup Extended RAM 3.0 untuk "meminjam" media penyimpanan ponsel sebagai RAM virtual hingga 8 GB, Dual X-Axis Linear Motor untuk getaran nyata ketika bermain game, dan masih banyak lagi.

Ada pula Dual Stereo Speaker yang dilengkapi dengan Sound Field Expansion Algorithm untuk menghasilkan suara dengan kualitas "nendang", serta Vapor Chamber Liquid Cooling System untuk mendinginkan perangkat ketika bermain game.

Di Indonesia, iQoo 11 5G hadir dengan dua varian warna yaitu Legend, varian warna putih bertekstur kulit  yang dihiasi dengan garis biru, hitam, dan merah khas mitra iQoo BMW M Motor Sport, serta Alpha, varian warna hitam yang mengilap (glossy).

Kedua varian warna ini memiliki dimensi dan bobot yang berbeda, yaitu dimensi 8,72 mm dan bobot 205 gram untuk varian Legend, kemudian 8,40 mm dan bobot 208 gram untuk varian Alpha.

Meski dimensi dan bobotnya berbeda, kedua varian warna iQoo 11 ini memiliki banderol yang sama.

Untuk pasar Tanah Air, harga iQoo 11 adalah Rp 10.999.000 untuk varian 16 GB/256 GB, satu-satunya varian di Indonesia.

Ponsel ini bisa dipesan mulai 8-12 Desember 2022 secara eksklusif di sejumlah e-commerce rekanan iQoo di Indonesia.

Dalam periode pemesanan tersebut, konsumen yang membeli iQoo 11 akan mendapatkan diskon harga sebesar Rp 1 juta, sehingga harga perangkat tersebut menjadi Rp 9.999.000.

Selain promo potongan harga, pengguna juga bakal mendapatkan dua aksesori eksklusif iQoo, yaitu cooling fan dan earphone, secara cuma-cuma.

https://tekno.kompas.com/read/2022/12/08/17001287/iqoo-11-5g-resmi-flaghsip-pertama-di-indonesia-dengan-snapdragon-8-gen-2

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke