Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Asus ROG Phone 7 dan ROG Phone 7 Ultimate Resmi, Punya Layar OLED Mini 2 Inci di Punggung

KOMPAS.com - Asus memperbarui seri ponsel gaming mereka dengan lini ROG Phone 7 Series di pasar global pada Kamis (13/4/2023) malam kemarin.

Ada dua model yang diperkenalkan Asus untuk mengisi lini ponsel gaming mereka pada 2023 ini, yaitu ROG Phone 7 dan ROG Phone 7 Ultimate. 

Khusus untuk Asus ROG Phone 7 Ultimate, model ini masih membawa fitur khas pendahulunya, yakni ROG Vision. ROG Vision merupakan layar sekunder dengan panel OLED berukuran 2 inci. Layar sekunder ini tersemat di bagian belakang punggung ROG Phone 7 Ultimate.

Meskipun masih membawa ciri khas generasi sebelumnya, ROG Phone 7 Series tetap membawa peningkatan.

Pada aspek performa, misalnya, ROG Phone 7 dan ROG Phone 7 Ultimate kompak ditenagai dengan chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 2 yang memiliki kecepatan 3,2 GHz.

Asus mengeklaim chipset ini 15 persen lebih cepat dan 15 persen lebih hemat daya dibanding chipset Snapdragon 8 Gen 1.

Masih soal performa, chipset ini dipadukan dengan RAM berjenis LPDDR5X berkecepatan 8.533 Mbps dengan kapasitas hingga 16 GB, serta media penyimpanan (storage) berjenis UFS 4.0 dengan kapasitas hingga 512 GB. 

Nah, meski spesifikasinya serupa, ada sejumlah fitur yang membuat ROG Phone 7 dan ROG Phone 7 Ultimate berbeda satu sama lain. Apa saja?

Satu hal yang membedakan antara ROG Phone 7 Ultimate dan ROG Phone 7 "reguler" adalah kehadiran ROG Vision, sebuah layar OLED mungil berukuran 2 inci yang terletak di bagian punggung perangkat.

Adapun ROG Vision bisa menampilkan sejumlah animasi status ponsel, seperti animasi mengisi daya, bermain game, notifikasi, atau telepon masuk.

Fitur ini bukanlah fitur baru. ROG Vision sudah hadir lebih dulu di ROG Phone 5s Pro dan ROG Phone 6 Pro.

Layar OLED mini itu juga bisa menampilkan beragam animasi tertentu yang sudah pengguna pilih di menu pengaturan ponsel sesuai dengan selera mereka.

Di samping layar ROG Vision, ROG Phone 7 Ultimate juga dibekali dengan saluran atau ventilasi udara tambahan yang dijuluki AeroActive Portal. Fitur ini absen di versi "reguler".

Nantinya, saluran udara ini akan aktif ketika pengguna memasang AeroActive Cooler ke bagian punggung ponsel.

Dengan begitu, proses pendinginan suhu ponsel diklaim akan 20 persen lebih efektif untuk meredam panas yang muncul dari seluruh hardware perangkat yang ada di dalam ponsel.

Selain dua fitur pembeda di atas, secara umum spesifikasi ROG Phone 7 Ultimate dan ROG Phone 7 "reguler" hampir sama.

Keduanya sama-sama dibekali layar Samsung AMOLED 6,78 inci yang memiliki resolusi 2448 x 1080 piksel dan refresh rate 165 Hz.

Layar tersebut mendukung fitur HDR 10, tingkat kecerahan 1.500 nits, dan kaca pelindung Corning Gorilla Glass Victus. Untuk tingkat kecerahannya, lebih tinggi dibanding ROG Phone 6 yang mentok di 1.200 nits.

Ponsel ini juga hadir dengan peningkatan sistem pendingin (cooling system) yang kini bernama GameCool 7 yang diklaim bisa meredam panas ponsel dari segala arah.

Teknologi GameCool 7 mengandalkan sistem pendingin berbasis cairan atau vapor chamber yang lebih mumpuni, tembaga penghantar panas (graphite sheet) yang lebih luas, dan beberapa komponen pendukung lainnya.

Pada sektor fotografi, ROG Phone 7 Ultimate dibekali dengan tiga kamera belakang yang masing-masing memiliki resolusi 50 MP (Sony IMX766), 13 MP (ultrawide), dan 5 MP (macro), serta satu kamera depan dengan resolusi 32 MP.

Fitur pendukung lainnya yang dibawa adalah pemindai sidik jari yang sudah dibenamkan di bawah permukaan layar, dual speaker, WiFi 7, Bluetooth 5.3, serta sertifikasi tahan air dan debu dengan rating IP54.

Ada pula baterai dengan kapasitas 6.000 mAh yang mendukung fitur pengisian cepat 65 watt, sensor tombol "R1" dan "L1" alias AirTrigger 5, serta konektor USB-C ekstra di sisi perangkat untuk menghubungkan aksesori pendingin tambahan AeroActive Cooler 7.

Seperti yang disebutkan sebelumnya, ROG Phone 7 memiliki spesifikasi umum yang hampir sama dengan versi "Ultimate". Ponsel ini sama-sama mengadopsi layar Samsung AMOLED 6,78 inci yang memiliki resolusi 2448 x 1080 piksel dan refresh rate 165 Hz.

Layar ini mendukung fitur HDR10, memiliki tingkat kecerahan maksimal hingga 1.500 nits, serta sudah dilapisi dengan kaca pelindung Corning Gorilla Glass Victus. 

Sama seperti ROG Phone 7 Ultimate, ROG Phone 7 juga dibekali sistem pendingin GameCool 7.

Ponsel ini juga dibekali konfigurasi kamera yang sama persis seperti versi "Ultimate". Tiga kamera belakangnya masing-masing memiliki resolusi 50 MP (Sony IMX766), 13 MP (ultrawide), dan 5 MP (macro), serta satu kamera depan dengan resolusi 32 MP.

Asus ROG Phone 7 memiliki dimensi 173 x 77 x 10,4 mm dan bobot 239 gram. Nah, untuk fitur pendukungnya, ada pemindai sidik jari yang sudah dibenamkan di bawah permukaan layar, dual speaker, WiFi 7, Bluetooth 5.3, serta sertifikasi tahan air dan debu dengan rating IP54.

Ponsel ini juga dibekali baterai kapasitas 6.000 mAh dengan dukungan fast charging 65 watt. ROG Phone 7 juga turut dibekali sensor tombol "R1" dan "L1" alias AirTrigger 5, serta konektor USB-C ekstra di sisi perangkat untuk menghubungkan aksesori pendingin tambahan AeroActive Cooler 7, sama seperti versi "Ultimate".

Pada sektor software, baik ROG Phone 7 Ultimate dan ROG Phone 7 kompak menjalankan sistem operasi (OS) Android 13 yang dipoles dengan tampilan antarmuka (UI) ROG UI.

Kedua ponsel ini juga mendapatkan jaminan pembaruan (upgrade) OS selama dua generasi, serta pembaruan sistem keamanan selama empat tahun.

Harga ROG Phone 7 dan ROG Phone 7 Ultimate

Di pasar global, ROG Phone 7 hadir dalam varian warna Phantom Black dan Storm White, sedangkan ROG Phone 7 Ultimate hanya hadir dalam varian Storm White.

Harga ROG Phone 7 adalah 999 euro (sekitar Rp 16,2 juta) untuk varian 12 GB/256 GB dan 1.199 euro (sekitar Rp 19,5 juta) untuk varian 16 GB/512 GB.

Sementara itu, harga ROG Phone 7 Ultimate yang hanya tersedia dalam satu varian 16 GB/512 GB, dibanderol 1.399 euro (sekitar Rp 22,7 juta).

Meski sudah meluncur di pasar global, belum diketahui apakah ROG Phone 7 Series akan dijual di pasar Indonesia atau tidak. Apabila melihat pendahulunya, Asus menjual ROG Phone 6 series di Indonesia. Kita nantikan saja informasi selanjutnya.

https://tekno.kompas.com/read/2023/04/14/09310097/asus-rog-phone-7-dan-rog-phone-7-ultimate-resmi-punya-layar-oled-mini-2-inci-di

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke