Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Arti Kata “Gamon” yang Sering Muncul di Twitter dan Tiktok

Gamon sebenarnya merupakan istilah yang sudah cukup lama dan populer di pengguna media sosial, seperti Twitter dan Tiktok. Tak hanya dunia maya, kata gamon juga sering digunakan dalam percakapan sehari-hari.

Kata Gamon sendiri kerap dikaitkan dengan permasalahan percintaan atau hubungan seseorang. Sebagian orang mengartikan Gamon sebagai seseorang yang belum bisa melepaskan masa lalunya.

Namun tak hanya sebatas konteks hubungan percintaan, Gamon juga sering digunakan pengguna dalam beragam konteks tergantung pada topik pembicaraan.

Misalnya saja pada utas twit di bawah ini.

Video dan foto menampilkan salah satu tempat yang pernah menjadi lokasi syuting salah satu drama korea. Pengguna menyematkan kata “Gamon” yang mengartikan bahwa dirinya masih tidak bisa melepaskan dan teringa-ingat tentang adegan dan film drama korea yang pernah ia tonton sebelumnya.

Contoh selanjutnya adalah kata Gamon yang dikaitkan dengan hubungan percintaan.

Dua kalimat lirik tersebut seolah mengartikan bahwa pengguna sedang berada dalam fase merindukan seseorang dan susah melupakannya.

Arti Gamon

Gamon sendiri merupakan akronim dari kata bahasa Indonesia Gagal dan kata Move On dalam bahasa Inggris. Kombinasi dua kata ini dapat mengartikan mengenai kondisi seseorang masih belum bisa berpindah dari masa lalu yang pernah dilalui.

Makna kata Gamon memang sering merujuk pada hubungan percintaan namun tak lepas juga dari beragam konteks lain. Salah satunya sulit melupakan pengalaman seru, bahagia, dan lainnya yang pernah dilaluinya.

Sedangkan menurut Collins Dictionary, move on memiliki arti berpindah ke suatu tempat, meninggalkan tempat di masa lalu dan menuju tempat lain.

Sehingga Gamon atau gagal move on bermakna bisa jadi seseorang yang masih sulit berpindah dari kondisi lama (masa lalu) menuju situasi baru. Seseorang biasanya masih sulit meninggalkan kondisi masa lalunya yang memberikannya kebahagiaan tertentu.

Demikian arti kata Gamon yang sering muncul di Twitter dan TikTok. Meskipun demikian kata Gamon bisa jadi merujuk makna lain. Hal ini juga tergantung pada konteks, topik pembicaraan, dan perspektif masing-masing.

https://tekno.kompas.com/read/2023/05/31/13290097/arti-kata-gamon-yang-sering-muncul-di-twitter-dan-tiktok

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke