Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

[POPULER TEKNO] - Eropa Bakal Wajibkan HP Pakai Baterai Lepas-Pasang | Game RP Lagi Viral di TikTok, Apa Itu?

Kabari ini menjadi salah satu berita teknologi terpopuler di KompasTekno.

Berita lain yang juga cukup banyak dibaca adalah soal Samsung Galaxy S23 Ultra dan iPhone 14 Pro Max yang sengaja dibekukan selama enam jam. Percobaan ini dilakukan untuk melihat setangguh apa kedua ponsel flagship ini.

Berita populer lainnya adalah soal game "RP" atau roleplay yang saat ini sedang viral di mesia sosial TikTok. Selengkapnya bisa disimak di rangkuman berita teknologi KompasTekno berikut.

HP di Eropa bakal wajib pakai baterai lepas-pasang

Anggota parlemen Uni Eropa dikabarkan tengah mendiskusikan dan meminta vendor smartphone untuk memasang komponen baterai gadget yang mudah diganti. Artinya, baterai yang dimaksud adalah baterai yang dapat dilepas-pasang, atau dikenal dengan istilah baterai lepasan.

Aturan baru ini tentunya cukup merepotkan sebagian besar vendor gadget dan smartphone yang menjual perangkatnya di wilayah Eropa. Seperti yang diketahui, komponen baterai yang disematkan ke ponsel sudah menggunakan sistem tanam.

Baterai tanam dianggap lebih unggul karena membuat desain perangkat lebih ramping. Sementara itu, baterai lepasan membutuhkan rangka plastik khusus untuk memisahkan komponen dengan bagian mesin HP. Ini membuat perangkat terlihat lebih gemuk.

Informasi selengkapnya bisa disimak di artikel "HP Wajib Pakai Baterai Lepas-Pasang di Eropa".

YouTuber sekaligus pembocor gadget, TechDroider menguji coba ketahanan dua flagship dari Samsung dan Apple, yakni Galaxy S23 Ultra dan iPhone 14 Pro Max.

Caranya adalah dengan menenggelamkan kedua ponsel yang masih dalam kondisi baik, ke dalam sparkling water menggunakan wadah kotak plastik.

Setelah terendam air berkarbonasi, kotak di masukkan ke dalam kulkas selama enam jam.
Setelah dibekukan, kedua ponsel kemudian dikeluarkan dan coba dinyalakan kembali.

Apakah masih menyala? Jawabannya ada di artikel "Samsung Galaxy S23 Ultra dan iPhone 14 Pro Max Dibuat Beku 6 Jam, Masih Aman Dipakai?".

Apa itu data "others" di smartphone Android?

Ketika Anda membuka "Pengaturan" ponsel dan melihat rincian memori yang digunakan, biasanya akan muncul folder penyimpanan "Others" atau "Lainnya". Folder itu umumnya ditemukan di kategori penyimpanan internal HP Android.

Umumnya kategori data “Others” justru menyimpan kapasitas yang lebih banyak sehingga sering berukuran lebih besar daripada kategori penyimpanan jenis file lain.

Tak jarang data “Others” menyebabkan performa ponsel menjadi sedikit melambat karena kapasitas penyimpanannya yang cukup besar. Lantas apa itu data "Others" dan bagaimana cara mengelolanya?

Jawabannya ada di artikel "Apa Itu Data Others di Smartphone Android yang Sering Berukuran Besar".

Tim e-sports asal Indonesia, Onic Esports, menjuarai Mobile Legends Southeast Asia Cup (MSC) 2023 setelah mengalahkan wakil Filipina, Blackist International dengan skor 4-2.

Laga Grand Final ini digelar di Kamboja pada Minggu (18/6/2023) sejak pukul 18.00 WIB tadi. Ini adalah gelar juara MSC kedua bagi Onic Esports. Onic Esports sebelumnya menjuarai MSC 2019.

Pertandingan final antara Onic vs Blacklist mengusung format tujuh game (Best of 7/Bo7). Artinya, tim harus memenangkan 4 game untuk jadi juara.

Kedua tim menunjukkan penampilan yang apik. Jual beli serangan terjadi sejak game pertama. Meski secara keseluruhan Onic lebih dominan, Blacklist International dapat merepotkan pertahanan Onic.

Jalannya pertandingan bisa disimak selengkapnya di artikel "Hasil Final MSC 2023, Onic Esports Juara Usai Tumbangkan Blacklist International".

Apan itu game RP yang sedang viral di TikTok?

Belakangan ini, tengah viral di TikTok mengenai game RP. Untuk diketahui, dalam dunia game, RP yang merupakan singkatan dari Roleplay adalah salah satu jenis atau genre game.

Contoh dari game RP itu antara lain, seperti Ragnarok Online, Genshin Impact, Seal, Final Fantasy, Dragon Quest, Dragon Quest, dan masih banyak lagi. Game-game semacam ini meminta pemain memainkan karakter tertentu untuk melawan musuh.

Di beberapa game Roleplay, terutama game RP yang online, pemain bisa memodifikasi karakternya sesuai keinginan. Pemain dapat melengkapi karakter game RP dengan berbagai macam keahlian serta beraneka aksesoris seperti senjata dan pakaian.

Game RP seperti yang disebutkan di atas bisa dimainkan melalui berbagai platform, seperti PC, ponsel, dan konsol.

Jika kembali ke game RP yang viral di TikTok, permainan ini punya format yang sangat berbeda dengan game RP seperti yang dijelaskan di atas.

Perbedaan dan penjelasan selengkapnya bisa disimak di artikel "Apa Itu Game RP yang Lagi Viral di TikTok?".

https://tekno.kompas.com/read/2023/06/20/07000067/-populer-tekno-eropa-bakal-wajibkan-hp-pakai-baterai-lepas-pasang-game-rp-lagi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke