Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Menjajal Samsung Galaxy Z Flip 5, Engsel Baru Bikin Bekas Lipatan Jadi Samar

Salah satu peningkatannya adalah layar sekundernya yang kini diperbesar, dari 1,9 inci di Galaxy Z Flip 4 menjadi 3,4 inci di Galaxy Z Flip 5. Layar baru ini membuat kontrol gestur ditingkatkan.

Selain itu, Galaxy Z Flip 5 juga membawa desain engsel baru yang membuat bekas lipatan kini lebih tersamarkan. Berikut pengalaman KompasTekno menjajal Galaxy Z Flip 5 setelah acara peluncuran di Korea Selatan.

Saking besarnya layar sekunder Galaxy Z Flip 5, membuatnya nyaris memenuhi punggung ponsel ketika layar terlipat. Dengan layar yang lebih lebar, kontrol gestur di layar sekunder ini juga lebih beragam dibandingkan Galaxy Z Flip 4.

Jika sebelumnya pengguna hanya dimungkinkan melakukan gestur geser ke kanan dan ke kiri, sekarang gestur yang tersedia adalah geser ke kanan, ke kiri, ke atas, bawah, dan mencubit (pinch) layar.

Saat menggeser layar ke kiri, pengguna dapat mengakses sebanyak 11 widgets yang berbeda-beda. Widgets tersebut terdiri dari aplikasi Weather, Calendar, Direct Call, Voice Recorder, Timer, Stopwatch, mengecek nilai saham di Google Finance, membalas pesan SMS dan WhatsApp, Google Finance, dan masih banyak lagi.

Sementara itu, saat menggeser layar ke kanan, pengguna dapat mengaktifkan kamera. Dengan gestur yang sama, ketika ada notifikasi pesan, pengguna dapat membalas pesan teks sebanyak maksimal 30 karakter saja.

Kemudian ketika swipe layar ke bawah, pengguna bisa mengakses panel jendela notifikasi, seperti mengaktifkan mode pesawat (airplane mode), senter (flashlight), Bluetooth, Wi-Fi, mengatur tingkat kecerahan layar, sceen record, mengaktifkan paket data, mengaktifkan mode Sleep, dan sebagaonya.

Gestur mencubit layar dapat memungkinkan pengguna menampilkan keseluruhan menu widget. Hal tersebut dapat memudahkan pengguna menentukan mana saja menu yang ingin ditampilkan di layar sekunder.

Menurut KompasTekno, layar yang luas memberi pengalaman baru yang menarik dan unik bagi pengguna. Pengguna bisa melakukan sejumlah pekerjaan yang simpel langsung di layar sekunder, tanpa harus membuka/mengakses layar utama.

Beralih ke desain engsel, Galaxy Z Flip 5 juga mengadopsi konstruksi engsel yang baru, sama seperti Galaxy Z Fold 5. Perombakan hinge perangkat mampu menyamarkan bekas lipatan di layar utama dan membuat perangkat tertutup lebih rapat dibandingkan Z Flip 4.

Bila dibandingkan dengan Galaxy Z Flip generasi pertama hingga paling baru, perombakan desain engsel ini terlihat cukup signifikan.

KompasTekno juga merasakan perubahan dari segi bodi. Desain yang dirombak membuat perangkat terasa lebih ringan, ringkas, dan cukup nyaman dibandingkan Galaxy Z Flip 4.

Faktor lain dari kenyamanan tersebut salah satunya juga dipengaruhi oleh desain bingkai perangkat yang berbahan Armor Aluminium, yang lebih egornomis dan datar.

Kendati demikian, keseluruhan desain bingkai dan tombol yang menghiasi bodi tidak ada perbedaan. Galaxy Z Flip 5 dilengkapi lubang speaker, mikrofon, dan slot USB-C untuk mengisi daya di bagian bawah.

Di bagian kanan terdapat tombol daya yang terintegasi dengan pemindai sidik jari (fingerprint) dan tombol pengatur volume suara. Sementara di kiri atas, terdapat laci untuk menyematkan satu kartu nano-SIM.

Engsel baru Galaxy Z Flip 5 juga membuat bekas lipatan di layar utama lebih tersamarkan. Memang tidak menghilangkan bekas lipatan sebelumnya, tetapi sensasi lipatan saat diraba/sentuh terasa sedikit lebih datar, tidak begitu cekung seperti generasi sebelumnya.

Hal tersebut membuat pengguna dapat mengakses layar dengan lebih fleksibel dan nyaman. Bekas lipatan yang tersamarkan tersebut juga secara tidak langsung meningkatkan pengalaman pengguna dalam menggulir layar.

Warna dan kecerahan yang ditampilkan layar utama juga memiliki kualitas cukup baik. Galaxy Z Flip 5 dilengkapi layar Dynamic AMOLED 2x seluas 6,7 inci dan refresh rate 120 Hz. Layar menawarkan resolusi Full HD Plus (2.640x1.080 piksel).

Layar Galaxy Z Flip 5 diklaim lebih kuat karena dapat dilipat dan dibentangkan sebanyak 200.000 kali lipatan. Klaim tersebut juga sudah mengantongi sertifikasi dari Bureau Veritas Certification.

Terdapat poni menyerupai lubang (punch hole) di tengah layar untuk memuat kamera selfie 10 MP (f/2.2).

Layar juga menampilkan kecerahan yang tinggi saat dipakai di bawah sinar matahari yang terik, karena Samsung meningkatkan tingkat kecerahan maksimal layar dari 1.200 nits menjadi 1.600 nits.

Fitur Flex Mode menjadi fitur warisan yang diturunkan dari Galaxy Z Flip 4 ke Galaxy Z Flip 5. Seperti yang diketahui, fitur ini memungkinkan pengguna mengambil gambar dan merekam video tanpa harus menggunakan tripod sebagai alat untuk mendirikan ponsel.

Nah, kali ini, fitur Flex Cam juga digabungkan dengan fitur lain bernama Dual Camera. Dengan fitur ini, pengalaman pengguna seflie juga semakin unik dan baru.

Ketika mengatifkan kamera, pengguna dapat melipat Galaxy Z Flip 5 hingga posisinya tegak lurus. Layar nantinya akan menampilkan bidikan gambar ataupun video yang sama di layar sekunder dan juga layar utama.

Hal ini tentunya akan memudahkan pengguna melakukan selfie atau foto bersama dengan beberapa orang sekaligus. KompasTekno memang belum menjajal fitur Dual Camera lebih lanjut, yang pasti fitur ini bakal sangat bermanfaat untuk pengguna yang gemar membuat konten.

Samsung Z Flip 5 ditenagai chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 2 for Galaxy seperti di Galaxy S23 Ultra. Chipset tersebut bakal dipadankan dengan RAM 8 GB dan ruang penyimpanan (storage) seluas 256 GB dan 512 GB.

Galaxy Z Flip 5 ditopang baterai dengan kapasitas yang sama dengan pendahulunya, yakni 3.700 mAH dan mendukung pengisian daya cepat 25 watt. Sistem operasi yang dijalankan adalah Android 13 yang dipoles dengan antarmuka OneUI 5.1.1.

Varian warna yang dihadirkan adalah Mint, Graphite, Cream, dan Lavender. Pre-order Samsung Galaxy Z Flip 5 sudah dapat dilakukan di toko online Samsung Indonesia per 26 Juli 2023 hingga 17 Agustus 2023.

Hands-on Samsung Galaxy Z Flip 5 bisa dilihat di galeri foto berjudul "Hands-on Samsung Galaxy Z Flip 5, Layar Sekunder Lebih Luas dan Lipatan Lebih Rapat" di tautan berikut.

https://tekno.kompas.com/read/2023/07/26/20000077/menjajal-samsung-galaxy-z-flip-5-engsel-baru-bikin-bekas-lipatan-jadi-samar

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke