Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

2 Cara Melihat Sandi E-mail yang Lupa dengan Mudah di HP dan Laptop

KOMPAS.com - Kata sandi atau password dari alamat e-mail penting untuk senantiasa dicatat dan diingat pengguna. Pasalnya, pengguna bakal cukup kerepotan bila lupa password e-mail sendiri. Alamat e-mail sekarang terhubung dengan berbagai layanan.

Contohnya, alamat e-mail Gmail (akun Gmail) yang terhubung dengan berbagai layanan Google lain. Bila sampai lupa sandi e-mail maka pengguna tak bakal bisa mengakses semua layanan yang terhubung dengan alamat e-mail itu.

Meski penting untuk selalu diingat, dalam kondisi tertentu, pengguna bisa saja mengalami masalah lupa sandi e-mail. Masalah tersebut bisa ditimbulkan lantaran mungkin pengguna jarang mengakses akun e-mail, sehingga tak mengingat sandinya.

Selain itu, lupa password e-mail juga bisa disebabkan karena susunan kata sandinya terlalu rumit, sehingga sulit diingat. Jika lupa, salah satu solusi yang bisa dilakukan adalah pengguna bisa melihat kembali kata sandi e-mail miliknya.

Lantas, bagaimana cara untuk mengetahui kata sandi e-mail yang lupa? Untuk mengetahui kata sandi e-mail yang sudah lupa, pengguna bisa memanfaatkan fitur pengelolaan sandi yang terdapat di browser laptop dan HP.

Untuk diketahui, tiap browser umumnya dibekali fitur pengelolaan sandi. Fitur tersebut memungkinkan pengguna menyimpan informasi login akun di browser. Dengan fitur ini, pengguna bisa login akun di berbagai platform tanpa harus memasukkan sandi lagi.

Di fitur pengelolaan sandi, pengguna dapat melihat semua informasi login akun, termasuk sandi e-mail, yang tersimpan dalam browser. Bila hendak mengetahui kata sandi e-mail yang sudah lupa, silakan simak penjelasan lebih lengkap caranya di bawah ini.

Hampir di semua browser, saat hendak login akun, pengguna biasanya bakal ditawarkan dulu untuk menyimpan informasi login yang berisi username dan kata sandi. Jika pengguna memilih untuk menyimpannya maka informasi login akun itu bisa dilihat kembali.

Sebaliknya, bila tak bersedia untuk menyimpan maka pengguna tak akan bisa melihat lagi informasi login akun di browser. Demikianlah penjelasan mengenai cara melihat kata sandi e-mail yang lupa dengan mudah di HP dan laptop, semoga bermanfaat.

https://tekno.kompas.com/read/2023/07/29/12300097/2-cara-melihat-sandi-e-mail-yang-lupa-dengan-mudah-di-hp-dan-laptop

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke