Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Fitur Unggulan Samsung Galaxy Z Fold 5, Tak Cuma Desain yang Lebih Ramping

Dengan harga tersebut, Galaxy Z Fold membawa sejumlah keunggulan. Berikut KompasTekno rangkum lima keunggulan Samsung Galaxy Z Fold 5.

Berkat Flex Hinge, layar utama Galaxy Z Fold 5 kini dapat menutup dengan rapat sempurna ketika dilipat. Dengan begitu tidak ada celah lagi di antara kedua sisi layar utama dalam keadaan terlipat.

Hal ini berbeda dengan desain engsel lama di Samsung Z Fold 4 (2022). Ketika dilipat, Galaxy Z Fold 4 tidak rapat dan masih memiliki rongga di antara dua sisi layar utamanya.

Desain lipatan yang semakin rapat ini juga semakin meminimalisasi debu atau kotoran masuk ke sela-sela layar utama saat terlipat.

2. Bodi lebih ringkas

Hilangnya celah lipat berkat Flex Hinge ini juga membuat Samsung Galaxy Z Fold 5 semakin ramping dan ringan.

Samsung Galaxy Z Fold 5 kini memiliki ketebalan 13,4 mm, lebih tipis dibanding Samsung Z Fold 4 dengan ketebalan 15,8mm. Bobot Galaxy Z Fold 5 kini 253 gram, lebih ringan dari Galaxy Z Fold 4 (263 gram).

Selain membuat lebih ringkas, Flex Hinge yang baru ini juga berperan dalam aspek daya tahan (durability) Samsung Z Fold 5.

Samsung mengungkapkan bahwa Flex Hinge merupakan modul engsel terintegrasi yang memiliki struktur rel ganda. Dengan desain ini, tekanan eksternal pada engsel diharapkan dapat diredam dan tersebar, tak hanya terfokus pada satu rel engsel.

3. Chipset mumpuni

Samsung juga meningkatkan performa Galaxy Z Fold 5. Ponsel lipat ini kini diotaki chipset paling mumpuni dari Qualcomm, yakni Snapdragon 8 Gen 2 for Galaxy. Chipset khusus ini juga disematkan pada Galaxy S23 series.

Dibandingkan pendahulunya, Snapdragon 8 Plus Gen 1 di Galaxy Z Fold 4, Snapdragon 8 Gen 2 for Galaxy diklaim memiliki peningkatan performa prosesor (CPU) sebesar 18 persen, pengolah grafis (GPU) 32 persen, dan pengolah kecerdasan buatan (NPU) hingga 25 persen.

Samsung mengeklaim kehadiran chipset baru ini akan turut menggenjot performa kamera dan baterai yang membekali Galaxy Z Fold 5, meski kemampuan kamera dan baterai ponsel tersebut, di atas kertas, sama dengan Galaxy Z Fold 4.

Masih soal hardware, peningkatan juga hadir dari sistem pendingin perangkat Vapor Chamber yang kini diklaim 38 persen dari generasi sebelumnya. Karena lebih besar, sistem pendingin Galaxy Z Fold 5 diklaim dapat menanggulangi panas dengan lebih baik dibanding Galaxy Z Fold 4.

Beberapa pembaruan yang dihadirkan Samsung mencakup fitur Multi-Window yang bisa membuka banyak sekaligus dengan mekanisme baru, serta fitur Drag-and-Drop yang kini bisa dilakukan dengan dua tangan.

Kemudian, fitur Taskbar yang menyimpan deretan ikon di tampilan layar paling bawah juga kini akan menampung empat aplikasi yang diakses pengguna terakhir kali. Dengan begitu, mereka bisa membuka aplikasi-aplikasi tersebut kembali tanpa perlu repot mencarinya.

5. Stylus S Pen lebih ramping

Untuk meningkatkan produktivitas pengguna, Samsung juga membuat desain pena digital (stylus) S Pen jadi lebih ramping. Kini, S Pen di Galaxy Z Fold 5 disebut 40 persen lebih ramping dibanding S Pen generasi sebelumnya di Galaxy Z Fold 4.

Karena lebih ramping, Samsung turut menghadirkan bungkusan (case) ponsel khusus S Pen baru yang bernama Slim S Pen Case.

Tonjolan kompartemen S Pen di case ini tidak sebesar case S Pen di Galaxy Z Fold 4. Sebab, S Pen kini dibuat lebih ramping di Galaxy Z Fold 5. Dengan case ini, Galaxy Z Fold 5 tentunya akan lebih mudah masuk ke dalam kantong.

Spesifikasi kunci lain yang dibawa Samsung Galaxy Z Fold 5 meliputi layar utama 7,6 inci, layar sekunder 6,2 inci, kamera utama 50 MP, baterai 4.400mAh, fast charging 25 watt, jaringan 5G, Wi-Fi 6E, Bluetooth 5.3, serta mengantongi sertifikasi tahan percikan air (IPX8).

Harga Samsung Z Fold 5 di Indonesia

Ada tiga varian yang tersedia di Indonesia. Varian paling murah dibanderol Rp 25 juta. Untuk lebih detail, berikut harga Samsung Z Fold 5 di Indonesia:

  • Samsung Galaxy Z Fold 5 (12/256 GB): Rp 25 juta
  • Samsung Galaxy Z Fold 5 (12/512 GB): Rp 27 juta
  • Samsung Galaxy Z Fold 5 (12 GB/1 TB): Rp 30 juta

Samsung Galaxy Z Fold 5 hadir dalam tiga varian warna: Icy Blue, Phantom Black, dan Cream. Tambahan warna yang tersedia di pemesanan online adalah Blue dan Grey. Spesifikasi Samsung Z Fold 5 bisa disimak di artikel berikut.

https://tekno.kompas.com/read/2023/08/01/11000057/5-fitur-unggulan-samsung-galaxy-z-fold-5-tak-cuma-desain-yang-lebih-ramping

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke