Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Cara Menonaktifkan WhatsApp Sementara Tanpa Mematikan Data, Mudah dan Praktis

KOMPAS.com - Notifikasi pesan masuk dari aplikasi WhatsApp (WA) kadang dapat mengganggu dalam kondisi tertentu, terutama saat pengguna ingin beristirahat sejenak. Supaya tak terganggu, salah satu solusinya adalah menonaktifkan WhatsApp sementara.

Dengan menonaktifkan WhatsApp sementara, pengguna tak akan mendapatkan notifikasi pesan masuk dari aplikasi WhatsApp, yang mungkin cukup mengganggu ketika hendak beristirahat sejenak seperti saat berlibur atau cuti kerja.

Untuk menonaktifkan WhatsApp sementara, terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan. Misalnya, pengguna bisa mematikan data internet di ponsel secara total. Saat data internet di ponsel dimatikan secara total atau dibuat offline, WhatsApp bakal nonaktif.

Akan tetapi, cara menonaktifkan WA dengan mematikan data secara total itu punya kelemahan, yaitu pengguna akhirnya jadi tidak bisa mengakses aplikasi lain yang membutuhkan koneksi internet juga.

Selain dengan cara tersebut, pengguna sejatinya juga bisa menonaktifkan WA tanpa mematikan data. Dengan cara ini, WhatsApp bisa nonaktif dan pengguna tetap dapat mengakses aplikasi lain di ponsel yang membutuhkan koneksi internet.

Cara menonaktifkan WA tanpa mematikan data

Lantas, bagaimana cara menonaktifkan WA tanpa mematikan data? Cara menonaktifkan WA tanpa mematikan data itu mudah. Namun, tak semua pengguna mungkin telah mengetahui langkah-langkanya.

Oleh karena itu, artikel ini bakal menjelaskan secara lengkap cara menonaktifkan WA tanpa mematikan data. Terdapat beberapa cara menonaktifkan WA tanpa mematikan data yang bisa dilakukan oleh pengguna.

Pengguna bisa menonaktifkan WA tanpa mematikan data dengan mematikan notifikasi aplikasi, menghapus data aplikasi, serta mematikan data hanya untuk aplikasi WhatsApp. Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah cara menonaktifkan WA tanpa mematikan data.

1. Menonaktifkan WA tanpa mematikan data dengan uninstall aplikasi

Cara menonaktifkan WhatsApp tanpa mematikan data yang pertama adalah dengan uninstall aplikasi. Ketika aplikasi dihapus, akun WA bakal otomatis dinonaktifkan, sehingga pengguna tak akan lagi menerima pesan. Caranya adalah sebagai berikut:

  • Untuk menghapus aplikasi WhatsApp, caranya hampir sama baik di HP Android maupun iPhone. Pengguna tinggal tekan lama logo aplikasi WhatsApp di layar “Home” HP.
  • Setelah itu, pilih opsi “Uninstall” atau “Hapus App”.
  • Jika sudah terhapus, akun WhatsApp akan dinonaktifkan sementara dan pengguna tak akan lagi menerima notifikasi dari aplikasi WhatsApp.

Bila ingin kembali mengakses WhatsApp, pengguna tinggal mengunduh dan menginstal aplikasi WhatsApp lagi di HP. Cara ini memiliki risiko berupa riwayat chat bakal ketika pengguna menginstal kembali aplikasi WhatsApp.

Supaya riwayat chat tetap tersedia seperti sebelum aplikasi dihapus, pengguna dapat melakukan pencadangan chat terlebih dahulu melalui layanan Cloud seperti iCloud (untuk iPhone) atau Google Drive (untuk HP Android).

Pencadangan chat dan data lainnya bisa dilakukan dengan mengakses menu pengaturan di aplikasi WhatsApp. Kemudian, pilih opsi “Chat” dan klik opsi “Cadangan Chat”. Kemudian, pilih opsi “Cadangkan Sekarang”.

2. Menonaktifkan WA tanpa mematikan data dengan menghapus data aplikasi

Cara menonaktifkan WA tanpa mematikan data yang kedua adalah dengan menghapus data aplikasi. Cara kedua ini bisa dibilang mirip dengan cara yang pertama. Akan tetapi, cara kedua ini tidak menyebabkan aplikasi WhatsApp di HP lenyap.

Hapus data aplikasi hanya menyebabkan data di dalam aplikasi WhatsApp terhapus semua, tetapi aplikasinya masih tersedia di HP. Cara ini membuat aplikasi WhatsApp menjadi seperti aplikasi yang baru diunduh.

Efek dari menghapus data aplikasi WhatsApp sama seperti dengan uninstall WhatsApp, yaitu akun pengguna bakal dinonaktifkan sementara. Ketika dinonaktifkan sementara, pengguna juga tidak akan menerima notifikasi dari WhatsApp.

Untuk menonaktifkan WA tanpa mematikan data intern dengan menghapus data aplikasi, caranya adalah sebagai berikut:

  • Buka menu pengaturan di HP.
  • Selanjutnya, silakan mulai menghapus data aplikasi WhatsApp.
  • Untuk menghapus data aplikasi WhatsApp, caranya di tiap HP bisa berbeda-beda.
  • Jika di HP Android Xiaomi, pengguna bisa membuka menu pengaturan “Aplikasi”. Kemudian, pilih opsi “Kelola Aplikasi” dan pilih aplikasi WhatsApp. Setelah itu, klik opsi “Hapus Data”
  • Setelah menghapus data aplikasi, aplikasi WhatsApp akan direset seperti aplikasi baru dan akun WhatsApp pengguna bakal dikeluarkan.
  • Jika akun dikeluarkan maka pengguna tak akan lagi menerima notifikasi dari WhatsApp.

Bila ingin kembali mengakses akun WhatsApp, pengguna tinggal login lagi di WhatsApp dengan nomor telepon yang sama. Cara kedua ini juga memiliki risiko berupa riwayat chat bakal ketika pengguna login akun WhatsApp lagi.

Oleh karena itu, supaya riwayat chat tetap tersedia seperti sebelum aplikasi dihapus, pengguna juga dapat melakukan pencadangan chat terlebih dahulu melalui layanan Cloud seperti iCloud (untuk iPhone) atau Google Drive (untuk HP Android).

3. Menonaktifkan WA tanpa mematikan data dengan mematikan notifikasi

Pengguna bisa menonaktifkan WA tanpa mematikan data dengan mematikan notifikasi aplikasi di ponsel. Untuk menonaktifkan WA tanpa mematikan data dengan mematikan notifikasi, caranya adalah sebagai berikut:

  • Buka menu pengaturan di HP.
  • Kemudian, silakan matikan notifkasi untuk aplikasi WhatsApp.
  • Cara mematikan notifikasi untuk aplikasi WhatsApp bisa berbeda-beda di tiap HP.
  • Jika di iPhone, pengguna bisa mematikan notifikasi untuk aplikasi WhatsApp dengan membuka menu pengaturan bertajuk “Pemberitahuan”.
  • Kemudian, pilih aplikasi WhatsApp dan geser tombol untuk menonaktifkan opsi “Izinkan Pemberitahuan”.

Saat notifikasi dinonaktifkan, pengguna tak akan mendapatkan pemberitahuan terdapat pesan baru WhatsApp di layar HP. Dengan demikian, pengguna dapat beristirahat sejenak dengan lebih tenang.

Selain ketiga cara di atas, pengguna juga bisa menonaktifkan WA tanpa mematikan data dengan mematikan akses data internet hanya untuk aplikasi WhatsApp.

Di kebanyakan ponsel saat ini, terdapat fitur yang memungkinkan pengguna dapat mematikan akses data internet hanya untuk aplikasi tertentu. Dengan fitur itu, pengguna tak perlu mematikan secara total jaringan internet di ponsel.

Pengguna bisa memilih beberapa aplikasi, termasuk hanya WhatsApp, untuk membuatnya tidak dapat mengakses data internet. Untuk mematikan data WhatsApp, caranya berbeda antara di iPhone dan di ponsel Android. Penjelasannya adalah sebagai berikut.

4. Mematikan data WhatsApp di iPhone

  • Buka menu pengaturan di iPhone.
  • Pilih menu “Seluler” dan gulir ke bawah hingga menemukan daftar semua aplikasi yang menggunakan data internet dari jaringan seluler.
  • Selanjutnya, pada daftar tersebut, cari aplikasi WhatsApp dan geser tombol untuk mematikan akses data internet dari jaringan seluler.
  • Akses data internet pada WhatsApp dari jaringan seluler kini berhasil dimatikan di iPhone.

Perlu diketahui, di iPhone, pembatasan akses data internet pada aplikasi tertentu hanya dapat dilakukan untuk jaringan seluler. Sementara itu, untuk jaringan WiFi, pengguna tidak dapat membatasi akses data internet pada aplikasi tertentu.

Jadi, ketika pengguna telah mematikan data WhatsApp di iPhone, tetapi masih terhubung dengan jaringan WiFi, maka WhatsApp tetap dapat mengirimkan notifikasi. Sebab, yang dimatikan hanya akses data untuk jaringan seluler.

Pengoperasian fitur pembatasan akses data internet pada aplikasi tertentu di iPhone itu berbeda dengan di ponsel Android. Di ponsel Android, pengguna dapat mematikan data pada aplikasi WhatsApp untuk jaringan seluler dan WiFi. Caranya adalah sebagai berikut:

5. Mematikan data WhatsApp di Android

  • Cara mematikan data WhatsApp di Android bisa berbeda-beda di tiap model ponsel.
  • Jika di ponsel Android Xiaomi, pengguna dapat mematikan data WhatsApp dengan langkah pertama yaitu mengakses aplikasi bawaan Keamanan.
  • Setelah itu, pada aplikasi Keamanan, pilih opsi “penggunaan data”.
  • Kemudian, pilih opsi “batasi penggunaan data”.
  • Pada opsi itu, pengguna dapat memilih membatasi penggunaan data aplikasi untuk jaringan seluler atau WiFi.
  • Terakhir, pengguna tinggal mencari aplikasi WhatsApp dan mematikan akses data internetnya.

Itulah beberapa cara menonaktifkan WA tanpa mematikan data, yang bisa dilakukan dengan menghapus aplikasi, mematikan notifikasi aplikasi, serta membatasi akses data internet hanya untuk aplikasi WhatsApp.

Dengan cara di atas, pengguna bisa menonaktifkan WhatsApp sementara untuk beristirahat sejenak, tetapi masih dapat mengakses aplikasi lain di ponsel yang membutuhkan koneksi internet, semoga bermanfaat.

https://tekno.kompas.com/read/2023/08/19/16020007/5-cara-menonaktifkan-whatsapp-sementara-tanpa-mematikan-data-mudah-dan-praktis

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke