Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bocoran Spesifikasi PS5 Pro, GPU Makin Bertenaga

Meskipun kehadirannya belum dikonfirmasi oleh Sony, sudah banyak bocoran spesifikasi PS5 Pro yang beredar. Bocoran yang terbaru adalah soal kehadiran unit pengolah grafis (GPU) yang lebih mumpuni.

Informasi ini terungkap dari Youtuber, RedGamingTech. Menurut RedGamingTech, Sony akan fokus untuk mendongkrak performa GPU PS5 Pro, bukan fokus pada CPU.

Hal ini dilihat dari penggunaan APU AMD Ryzen berarsitektur Zen 2, dengan 8 core dan 16 thread, seperti PS5 versi "reguler". Sony tidak mengandalkan AMD Ryzen Zen 4.

Meskipun ditenagai APU yang sama, clockspeed prosesor (CPU) konon akan mengalami peningkatan dari 3,5 GHz menjadi 4 GHz, sehingga konsol bisa menjalankan game hingga 60 FPS dengan lebih mudah.

Dengan CPU seperti ini, Sony bisa menempatkan perhatian penuh untuk membawa peningkatan pada sektor GPU. Rumornya, PS5 menghadirkan render output unit (ROP) yang lebih tinggi dari pendahulunya, dengan kisaran ROP sekitar 64, 96, dan 128.

Sebagai perbandingan, PS5 versi "reguler" membawa 64 ROP.

Render output unit, atau juga disebut raster operations pipeline, adalah komponen GPU yang bertanggung jawab atas proses akhir rendering, misalnya menulis data piksel akhir ke memori, dan meningkatkan tampilan grafik dengan anti-aliasing.

Peningkatan ROP ini terjadi karena kehadiran 30 workgroup processor (WGP) yang aktif (60 unit komputasi/CU).

Dengan 30 WGP yang aktif, GPU PS5 Pro konon bakal memiliki clockspeed 2,500 MHz hingga 2,800 MHz, sehingga menghasilkan performa komputasi dari 19,2 teraflops (TFLOPs) di 2,500 MHz hingga 21,5 teraflops (TFLOPS) di 2,800 MHz.

Dengan demikian, PS5 Pro kemungkinan memiliki performa yang lebih "ngebut" dua kali lipat dibanding PS5 versi "reguler" (10,28 teraflops).

Kanal YouTube tersebut mengatakan bahwa PS5 Pro dibekali kekuatan yang mirip seperti komputer (PC) dengan spesifikasi menengah hingga tinggi.

PS5 Pro diklaim bisa menjalankan game pada 60 FPS sambil mengaktifkan fitur ray tracing. Hal ini berbeda dengan PS5 versi "reguler" yang hanya bisa memainkan game pada 60 FPS dengan resolusi 4K, tanpa fitur ray tracing.

Nantinya, GPU dan CPU PS5 Pro bakal ditemani RAM GDDR5 16 GB, berbeda dengan versi "reguler" yang menggunakan RAM GDDR6.

RedGamingTech juga mengeklaim bahwa media penyimpanan (storage) SSD PS5 Pro ditingkatkan. Akan tetapi, belum diketahui bagian apa yang ditingkatkan, apakah kecepatan, kapasitas, atau bagian lainnya.

Terakhir, RedGamingTech mengingatkan bahwa Sony bisa saja membatalkan perilisan PS5 Pro, atau menjualnya tetapi dengan patokan harga yang mahal, sebagaimana dikutip KompasTekno dari GizmoChina, Selasa (29/8/2023).

Kabarnya konsol ini akan dirilis pada akhir 2024.

Siapkan PS5 Slim

Selain PS5 Pro, Sony juga disinyalir tengah mengembangkan PS5 Slim. Konsol ini konon bakal memiliki hardware yang hampir identik dengan PS5 yang sudah ada di pasaran.

Bedanya, PS5 Slim memiliki disk drive yang dapat dilepas (detachable disk drive). Komponen ini dapat disambungkan ke PS5 dengan menggunakan port USB-C tambahan di belakang konsol.

Ketika dilepas, konsol PS5 terlihat lebih ramping dan memiliki bobot yang lebih ringan.

Sony juga diduga bakal menjual disk drive secara terpisah. Jadi, pengguna tak perlu repot-repot membeli konsol baru ketika komponen tersebut rusak.

Bocoran lainnya mencakup kehadiran sistem pendingin yang lebih baik dan APU AMD dengan arsitektur RDNA 3. Media penyimpanan dikabarkan menjadi lebih besar, yakni 2 TB.

Perlu dicatat, semua informasi di atas masih merupakan rumor saja. Oleh karena itu, ada baiknya kita menunggu informasi yang resmi dari Sony.

https://tekno.kompas.com/read/2023/08/29/08000037/bocoran-spesifikasi-ps5-pro-gpu-makin-bertenaga

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke