Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ditemukan Lagi Masalah di iPhone 15 Pro Max, Kali Ini soal Layar

Screen burn-in adalah perubahan warna permanen pada layar, yang terjadi saat gambar ditampilkan di layar dalam jangka waktu yang lama. Jadi, ikon-ikon widget, aplikasi, atau keyboard iPhone meninggalkan bekas cetakan yang permanen pada layar.

Masalah ini umumnya terjadi pada layar OLED, yakni tipe layar yang digunakan di iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max. Namun, perusahaan teknologi umumnya sudah mengetahui cara untuk mencegah isu kerusakan layar ini.

Adapun keluhan ini disampaikan lewat berbagai platform, yakni media sosial X (dahulu Twitter), Reddit, dan forum Apple.

Salah satu pengguna X dengan handle @tarunvats33 melaporkan masalah kerusakan layar tersebut, dengan melampirkan sejumlah gambar sebagai bukti.

Pada ketiga gambar yang dibagikan di atas, pengguna dapat melihat ikon-ikon yang tercetak pada layar. Keyboard, halaman YouTube, sejumlah widget lainnya seperti e-mail dan jam tetap terlihat, meskipun pengguna sama sekali tidak mengakses deretan widget tersebut.

Beralih ke Reddit, pengguna dengan handle @spriteice mengeklaim bahwa iPhone 15 Pro Max miliknya, mengalami burn-in hanya dua minggu setelah dibeli. Hal ini terjadi setelah ia bermain game Solitaire selama total sembilan jam dalam kurun waktu satu minggu.

Ia mengatakan, bekas cetakan ikon ini tidak hilang ketika iPhone dimatikan semalaman. Pengguna tersebut menegaskan bahwa isu seperti ini tidak bisa diterima.

"Saya percaya bahwa masalah ini tidak dapat diterima begitu saja. Mengingat, ponsel yang baru saya beli mengalami burn-in setelah penggunaan selama sembilan jam dalam kurun waktu satu minggu. Padahal, iPhone 15 Pro Max memiliki spesifikasi yang terbaik," keluhnya.

Kerusakan yang serupa juga dilaporkan oleh pengguna dengan handle @Surfphysics di forum Apple. Ia menunjukkan keadaan layar yang meninggalkan bekas cetakan keyboard.

"Wow. Ponsel ini baru saya beli dua minggu yang lalu. iPhone 15 Pro Max menjadi smartphone terburuk yang pernah diluncurkan Apple," tulisnya.

Posting tersebut mendapatkan sebanyak 161 reaksi "Me Too", yaitu reaksi yang mencerminkan pengguna lainnya juga mengalami isu yang sama. Kemudian, ada 17 balasan (replies) untuk posting tersebut.

Beberapa balasan tersebut juga menceritakan pengalaman kerusakan layar yang dialami. Pengguna dengan handle @Ohmszy misalnya, mengalami screen burn-in sehingga ikon rewind, play, dan forward di Spotify tercetak secara permanen di layarnya.

Salah satu pengguna bernama @TheLittles mengatakan bahwa isu ini disebabkan karena ponsel terlalu panas (overheat), yakni salah satu masalah yang dialami iPhone 15 Pro Max sebelum Apple memperbaikinya lewat pembaruan (update) iOS 17.0.3.

Akan tetapi, @Surfphysics memastikan bahwa smartphone-nya tidak mengalami overheat.

"Solusi Anda tidak membantu. Smartphone saya tidak mengalami overheat," katanya.

Penyebab kerusakan layar

Selain masalah overheat, ada kemungkinan bahwa layar iPhone 15 Pro Max yang sangat cerah merupakan penyebab kerusakan layar. Adapun panel smartphone ini mempunyai tingkat kecerahan (brightness) melebihi 2.000 nits.

Screen burn-in untuk layar OLED juga bisa terjadi ketika panel menunjukkan gambar terus-menerus, dengan pengaturan tingkat kecerahan maksimum.

Berdasarkan data yang dikumpulkan media berita teknologi Apple Insider sejak 2015, masalah burn-in di iPhone 15 Pro Max tidak lebih parah dibanding iPhone generasi sebelumnya. Artinya, masalah ini sejatinya tidak eksklusif terjadi di gawai terbaru Apple saja.

Apabila iPhone 15 Pro Max mengalami masalah screen burn-in, pengguna sebaiknya mengontak pihak resmi Apple lewat halaman dukungan perusahaan.

Sejumlah pengguna mengatakan bahwa Apple akan mengganti rugi iPhone 15 Pro Max yang rusak layarnya, dengan iPhone 15 yang baru, sebagaimana dikutip KompasTekno dari Mashable, Rabu (18/10/2023).

Akan tetapi, belum diketahui apakah kebijakan yang sama juga berlaku di wilayah Indonesia, yang masih menunggu perilisan iPhone 15 series pada akhir bulan Oktober ini.

https://tekno.kompas.com/read/2023/10/18/11210067/ditemukan-lagi-masalah-di-iphone-15-pro-max-kali-ini-soal-layar

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke