Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

23 HP Samsung yang Kebagian OneUI 6.0 Android 14 dan Daftar Fitur Barunya

Samsung sebelumnya mengatakan terdapat 30 ponsel yang bakal kebagian OneUi 6.0. Per 6 November 2023, total ada 23 ponsel ponsel Galaxy yang bakal kebagian OneUI 6.0 secara bertahap hingga beberapa bulan mendatang.

Perangkat yang masuk daftar adalah ponsel flagship Galaxy S-series, ponsel lipat Galaxy Z Fold/Flip, A-seris, dan M-series yang dirilis tahun 2021 dan yang lebih baru. Misalnya, seperti Galaxy S21 series dan yang lebih baru, Galaxy Z Fold/Flip 3 dan yang lebih baru, Galaxy A33 dan yang lebih baru, dan Galaxy M33 dan yang lebih baru.

Ponsel flagship keluaran 2020, seperti Galaxy Z Fold 2 dan Galaxy Z Flip 4G/5G tidak kebagian update OneUI 6.0. Pun, Galaxy Note 20 series, seri Note terakhir Samsung kini tidak kebagian update OneUI 6.0 berbasis Android 14.

Saat ini, OneUI 6.0 mulai disebar dan bisa diunduh oleh pengguna Samsung S23 series di beberapa negara, termasuk Indonesia. Ketika melakukan update OneUI 6.0, sistem operasi di ponsel akan otomatis di-upgrade ke Android 14.

Pantauan KompasTekno, file untuk upgrade ke OneUI 6.0 di Galaxy S23 Ultra dengan firmware S918BXXU3BWJM/S918BOLE3BWJM/S918BXXU3BWJM berukuran 3,07 GB.

Daftar HP Samsung yang kebagian update OneUI 6.0

Selengkapnya, berikut daftar 23 HP Samsung Galaxy yang kebagian OneUI 6.0 berbasis Android 14:

Dalam postingan, Samsung memastikan bahwa 21 ponsel Galaxy di atas bakal mendukung aplikasi edit foto terbaru Samsung, Galaxy Enhance-X.

Sebelumnya, aplikasi Galaxy Enhance-X ini hanya tersedia eksklusif untuk ponsel flagship Samsung S23 Ultra, Samsung S23 Plus, dan Samsung S23 sejak April 2023. Namun, dengan update OneUI, aplikasi Galaxy Enhance-X ini disebar ke ponsel Galaxy-S series yang lebih lawas, ke seri ponsel lipat, dan ke ponsel Galaxy kelas menengah (mid-range).

Galaxy Enhance-X ini dirancang sebagai aplikasi tempat berkumpulnya alat alias tools edit foto di HP Samsung. Aplikasi edit foto ini membawa teknologi AI yang lebih canggih dibanding tools edit foto bawaan yang sudah ada di HP Samsung. Misalnya, HDR, Brighten, Fix Blur, Sharpen, Remove Reflection, Remove Shadow, Fix moire, Potrait, hingga Face.

Pada bagian atasnya, terdapat informasi waktu dan tanggal yang cukup besar, sedangkan bagian bawahnya terdapat bar untuk mengatur tingkat kecerahan layar. Pengguna juga dapat menggeser menu kontrol untuk mengakses ikon pengaturan yang lain.

Kini, tampilan OneUI 6.0 yang baru dibuat lebih padat dengan warna latar transparan. Ikon menu Wi-Fi dan Bluetooth dibuat terpisah dengan ikon kontrol yang lain, tidak disatukan dalam satu panel.

OneUI 6 juga menyediakan panel brightness yang dipisah dengan panel lain. Pengguna dapat menggeser tombol untuk mengatur kecerahan layar, mengaktifkan mode gelap langsung di bawah tombol dengan lebih cepat.

Bagian bawah tombol brightness ada pula tombol untuk mengatur perangkat pintar yang terpasang di rumah, mulai dari sepaker, televisi, dan sebagainya.

Fitur baru kamera di Samsung OneUI 6

OneUI 6.0 memungkinkan pengguna menentukan mode kamera dan folder penyimpanan mana yang akan dipakai sebelum memotret. Pengguna juga diberi kontrol untuk menentukan tata letak dari tanda air (watermark) yang muncul di foto, seperti memosisikan watermark di bagian atas atau bawah foto.

Samsung turut menghadirkan pengaturan FPS secara otomatis untuk memudahkan pengguna melakukan perekaman. Fitur Auto FPS ini terdiri dari tiga opsi, pengguna bisa memilih untuk menonaktifkannya, menggunakan frame rate 30 fps, atau menggunakan dua fps (30 fps dan 60 fps) sekaligus.

Pengguna juga dapat menggunakan gestur baru untuk mengganti kamera yang ingin dipakai. Jika saat itu pengguna menggunakan kamera belakang, lakukan gestur geser (swipe) ke atas atau ke bawah untuk beralih ke kamera depan.

Fitur baru Galeri di Samsung OneUI 6

Saat meninjau ulang hasil foto atau video yang sudah diambil, pengguna bisa swipe layar ke atas untuk melihat detail informasi dari gambar/video yang sudah diambil. Pintasan seperti ini juga memudahkan pengguna melakukan edit foto, mengaplikasikan sejumlah filter, dan sebagainya.

Pengguna juga dapat menggunakan gestur lain, seperti drag and drop menggunakan s jari. Gestur ini bisa dimanfaatkan untuk memindahkan file ke album foto yang diinginkan.

OneUI 6.0 juga membawa desain emoji baru di papan ketik (keyboard). Sebelumnya, emoji Samsung memiliki warna kuning dan menampilkan warna yang lebih mencolok, sedangkan yang versi baru memiliki ukuran emoji lebih besar, dibuat dengan gradasi kuning dan putih, dan menggunakan warna yang lebih soft.

Fitur lain yang dibawa OneUI 6.0 di antaranya peningkatan pada aspek personalisasi layar kunci. Dengan OneUI 6, pengguna bisa mengatur layar kunci dengan tampilan yang berbeda, sesuai fitur "Modes and Routines" di ponsel Samsung miliknya.

Ada pula aplikasi "Studio" untuk mengedit video yang lebih kompleks. Samsung juga melakukan peningkatan lain untuk aplikasi Samsung Health, Calendar, Reminder, Studio (Video Editor), Video Player, Samsung Internet, Finder, My Files, dan masih banyak lagi.

https://tekno.kompas.com/read/2023/11/06/14350007/23-hp-samsung-yang-kebagian-oneui-60-android-14-dan-daftar-fitur-barunya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke