Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Good Lock, Aplikasi Eksklusif Smartphone Samsung Galaxy Tersedia di Play Store

Kompas.com - 07/05/2024, 09:04 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

Sumber gsmarena

KOMPAS.com - Pabrikan teknologi Samsung Electronics resmi meluncurkan aplikasi Good Lock di toko aplikasi Android, Google Play Store. Sebelumnya, aplikasi ini tersedia secara eksklusif di toko aplikasi Samsung Galaxy Store.

Good Lock adalah aplikasi khusus buatan Samsung yang fungsi utamanya adalah untuk mengubah atau kustomisasi tampilan One UI di smartphone Galaxy. Aplikasi ini eksklusif untuk smartphone Galaxy dan tidak bisa digunakan untuk smartphone Android lain.

Dengan Good Lock, pengguna bisa mengunduh banyak modul untuk membuat tampilan One UI lebih menarik dan personal. Misalnya, mengubah tampilan homescreen agar "enggak gitu-gitu aja", recent app, lockscreen, tampilan jam, dan lain-lain.

Aplikasi Good Lock sangat cocok digunakan untuk ponsel lipat Samsung. Sebab, biasanya di layar sekunder ponsel lipat, seperti Galaxy Z Fold atau Z Flip, hanya akan terpajang beberapa aplikasi secara default.

Baca juga: 5 Besar Vendor Ponsel Global Versi Counterpoint, Samsung Teratas

Apabila ingin mengubah atau menambahkan aplikasi lain, pengguna perlu mengunduh aplikasi Good Lock ini. Contohnya bisa disimak di artikel Trik Rahasia Pasang Lebih Banyak Aplikasi di Layar Depan Samsung Galaxy Z Flip 5.

Hanya saja, untuk saat ini, aplikasi Good Lock di Google Play Store baru tesedia dengan tag "Early Access" (Akses awal). Artinya, aplikasi ini masih dalam tahap uji coba. Samsung kemungkinan akan menghapus tag itu apabila aplikasi ini sudah stabil.

Tampilan aplikasi Good Lock di Google Play Store.GSMArena Tampilan aplikasi Good Lock di Google Play Store.

Pantauan KompasTekno, Senin (6/5/2024), aplikasi ini belum tersedia di smartphone Samsung A73 dan Galaxy S20 FE yang kami gunakan. Saat ini halaman Good Lock di Google Play Store juga tidak bisa kami akses di komputer (PC/desktop).

Seperti disebutkan sebelumnya, Good Lock hanya mendukung smartphone Galaxy buatan Samsung. Apabila membuka halaman Google Play Store Good Lock di perangkat yang tak didukung, pengguna akan disapa tulisan "This phone isn't compatible with this app" (Ponsel ini tidak kompatibel dengan aplikasi ini).

Rilis modul One Hand Operation Plus

Halaman aplikasi One Hand Operation Plus di Google Play StoreGSMArena Halaman aplikasi One Hand Operation Plus di Google Play Store
Samsung Electronics juga merilis modul One Hand Operation Plus di Google Play Store. Berbeda dari Good Lock, aplikasi ini bisa kami akses di Google Play Store versi desktop dan mobile.

Modul One Hand Operation Plus memudahkan pengguna memakai perangkat Samsung Galaxy dengan satu tangan. Ketika mengaktifkan fitur ini, sebuah garis tipis ditambahkan ke sisi kiri dan kanan layar.

Garis ini bisa disentuh untuk menjalankan fungsi yang ditentukan, misalnya untuk kembali (back)  ke tab tertentu saat browsing internet.

Pengguna dapat melakukan kustomisasi ukuran dan warna garis tipis tersebut, sebagaimana dikutip KompasTekno dari GSMArena, Selasa (7/5/2024).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com