Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Daftar 83 Game PC yang Rilis November, Ada "CoD Modern Warfare III" dan "FM 2024"

Deretan game ini diterbitkan oleh berbagai publisher populer, seperti Sega, Activision, Bandai Namco Entertainment, dan masih banyak lagi. Genre game yang dirilis bulan ini pun bervariasi, mulai dari first person shooter (FPS), manajemen, hingga beat 'em up.

Secara keseluruhan, ada 83 game menarik yang meluncur pada November 2023. Berikut ini daftar lengkapnya dan pembahasan 5 game yang paling menarik.

1. RoboCop: Rogue City

Pemain berperan sebagai polisi cyborg bernama RoboCop, yang bakal menumpaskan berbagai kejahatan di kota Detroit, Amerika Serikat. RoboCop sendiri masih diperankan oleh Peter Weller, aktor orisinal dari film lawas tersebut.

Dalam game ini, pengguna memiliki misi untuk menjelajahi kota Detroit yang terbuka, mencari barang bukti terkait sebuah kejahatan, kemudian menangkap pelaku di balik aksi kriminal tersebut.

Para penjahat tidak akan menyerah tanpa perlawanan. Mereka akan memanfaatkan senapan api dan robot besar untuk menghajar RoboCop.

Sehubungan dengan itu, RoboCop dibekali pilihan 20 senjata untuk menghadang perlawanan tersebut, seperti Rocket Launcher dan Heavy Machine Gun. Musuh yang ditangkap nantinya akan diinterogasi.

Sistem tembak-menembak game ini menarik karena terasa lamban, misalnya ketika pengguna menggunakan mouse untuk mengarahkan tembakan pistol dari satu musuh ke musuh berikutnya.

Hal ini disengaja agar pemain benar-benar merasakan pengalaman menjadi RoboCop, karena robot ini memang memiliki gerakan yang relatif lamban.

RoboCop juga menghadirkan sistem pilihan yang dilengkapi konsekuensi seperti game Detroit: Become Human. Pilihan ini disisipkan dalam dialog dan akan berpengaruh pada kesuksesan misi RoboCop.

RoboCop: Rogue City meluncur pada 2 November di PC lewat platform distribusi Steam dan Epic Games Store. Game ini bisa dibeli seharga Rp 450.000.

2. Football Manager 2024

Nantinya, pemain bakal berusaha membawa klub yang dipilih menjadi tim terbaik di dunia. Untuk merealisasikan hal tersebut, gamer mesti melatih pesepak bola dalam tim, mengatur strategi dalam pertandingan, serta menguasai bursa transfer atlet.

FM 2024 dibekali oleh sejumlah fitur baru. Salah satunya adalah fitur finansial yang menjadi lebih cerdas dan realistis. Saat bursa transfer, gamer bisa mengalami dana transfer minus atau negatif.

Dengan begitu, ketika gamer ingin merekrut pemain baru untuk klubnya, ia harus menjual pemain lain terlebih dahulu agar dana transfer tidak minus dan bisa berbelanja.

Selain itu, sistem interaksi di FM 2024 juga diperbarui. Ada lebih dari 2.000 respons AI baru yang makin cerdas. Jadi, pengguna perlu menyusun strategi yang lebih taktis untuk mengalahkan lawan.

FM 2024 dikemas dengan grafik dan pencahayaan yang lebih ciamik, sehingga laga di lapangan sepak bola terlihat lebih realistis dan seru. Gerakan pemain dan bola dirancang sedemikian rupa agar lebih baik lagi.

Football Manager 2024 meluncur pada 6 November 2023 di PC lewat platform Steam, Epic Games Store, dan Microsoft Store. Game ini dibanderol seharga Rp 619.999 di Steam dan Epic Games Store, sedangkan harga di Microsoft Store adalah 59,99 dollar AS (sekitar Rp 937.343).

Alternatifnya, pengguna juga bisa berlangganan layanan PC Game Pass dengan biaya Rp 49.999 per bulan.

3. Like A Dragon Gaiden: The Man Who Erased His Name

Permainan ini diposisikan di antara game Yakuza 6: The Song of Life (2016), Yakuza: Like a Dragon (2020), dan Like a Dragon: Infinite Wealth (2024).

Like a Dragon Gaiden mengisahkan seorang anggota yakuza (sindikat kriminal di Jepang) bernama Kiryu Kazuma, yang memalsukan kematiannya sendiri dan meninggalkan nama "Kiryu" demi melindungi keluarganya.

Kiryu kini beroperasi sebagai agen rahasia dengan kode nama "Joryu". Pada akhirnya, terjadi sebuah fenomena yang mengharuskan Kiryu untuk keluar dari persembunyiannya itu.

Gameplay Like a Dragon Gaiden masih mirip dengan Yakuza versi lawas karena mengusung mekanisme beat' em up. Jadi, Kiryu akan menghajar musuh dengan tangan kosong dan melancarkan sejumlah kombo yang menyakitkan.

Ada dua gaya pertempuran yang bisa digunakan oleh Kiryu. Gaya "Yakuza Style" memungkinkan Kiryu untuk menggunakan tangan kosongnya dan memukul semua musuh yang menghadangnya.

Di sisi lain,"Agent Style" adalah gaya pertarungan Kiryu ketika menjadi agen rahasia. Ia bisa menggunakan sejumlah peralatan modern seperti kabel listrik yang melakukan serangan area (area of effect/AoE).

Like A Dragon Gaiden: The Man Who Erased His Name tersedia pada 9 November 2023 di platform Steam dengan harga Rp 510.000. Game ini juga bisa dimainkan lewat layanan PC Game Pass.

4. Call of Duty: Modern Warfare III

Game ini merupakan sekuel langsung dari Call of Duty: Modern Warfare II (MW2) keluaran 2022 lalu. Dengan begitu, alur ceritanya juga merupakan kelanjutan dari MW2, sehingga idealnya gamer sudah pernah bermain MW2 sebelum menjajal mode cerita MW3.

MW3 bercerita tentang Captain Price dan unit operasi Task Force 141 dalam perjalanannya untuk menumpas Vladimir Makarov, yakni tokoh nasionalis ekstrem di balik invasi Rusia ke Amerika Serikat.

Dalam misi tersebut, gamer akan menikmati mekanisme baru bernama "Open Combat Missions". Hal ini memungkinkan pemain untuk menyelesaikan misi dengan caranya sendiri, misalnya dengan menyerang musuh secara agresif atau dengan cara menyusup (stealth).

Pendekatan yang berbeda akan membutuhkan perlengkapan yang berbeda pula. Bila ingin menyusup, tentunya pengguna bakal membutuhkan peredam senjata agar tembakan senapan tidak dapat dideteksi oleh musuh.

Beralih ke multiplayer, Activision bakal menghadirkan mode baru "Cutthroat" yang mempertemukan sembilan pemain dalam tiga tim (3v3v3). Ada pula mode "Zombies" baru dengan peta paling besar dalam sejarah Call of Duty.

Call of Duty: Modern Warfare III akan menyambangi platform PC pada 10 November 2023. Game ini dijual seharga Rp 1 juta di Steam dan 69,99 dollar AS (sekitar Rp 1 juta) di platform distribusi Battle.net.

5. Naruto x Boruto Ultimate Ninja Storm Connections

Selain menghadirkan visual yang lebih ciamik, kompilasi ini juga dibekali oleh sejumlah fitur baru. Salah satunya adalah mode cerita "History Mode" yang memungkinkan pemain menyaksikan masa kecil Uzumaki Naruto hingga duel terakhir dengan Uchiha Sasuke.

Di sisi lain, mode cerita "Special Story Mode" menempatkan fokus pada Uzumaki Boruto yang berusaha mencegah "Perang Dunia Ninja Kelima". Mode baru ini menghadirkan sejumlah karakter orisinal, seperti Nanashi dan Merz.

Menyoal karakter, Naruto x Boruto menghadirkan 130 karakter dari seri UNS, termasuk sepuluh karakter baru yang mencakup Kawaki, Jigen, Delta, dan lain-lain. Fitur pendukung lainnya mencakup frame rate 60 fps di PS5, Xbox Series X, dan PC.

Naruto x Boruto Ultimate Ninja Storm Connections siap dimainkan di PC pada 17 November. Gamer yang tertarik bisa merogoh kocek seharga Rp 599.000 lewat platform Steam.

Termasuk kelima game di atas, berikut ini daftar lengkap game PC yang meluncur pada bulan November 2023, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari PC Gamer, Kamis (9/11/2023):

  1. Headbangers: Rhythm Royale - PC (1 November)
  2. Alien Hominid Invasion + Alien Hominid HD - PC (1 November)
  3. Song of Nunu: A League of Legends Story - PC (1 November)
  4. This Bed We Made - PC (1 November)
  5. Star Ocean: The Second Story R - PC (2 November)
  6. At Winter's End - PC (2 November)
  7. My Time at Sandrock 1.0 - PC (2 November)
  8. Peaky Blinders: The King's Ransom Complete Edition - PC (2 November)
  9. Thirsty Suitors - PC (2 November)
  10. Magicraft - PC (2 November)
  11. The Iron Oath - PC (2 November)
  12. For the King II - PC (2 November)
  13. RoboCop: Rogue City - PC (2 November)
  14. The Talos Principle 2 - PC (2 November)
  15. Dead Island 2: Haus - PC (2 November)
  16. The Smurfs 2: The Prisoner of the Green Stone - PC (2 November)
  17. Achilles: Legends Untold - PC (2 November)
  18. WRC - PC (3 November)
  19. DreamWorks All-Star Kart Racing - PC (3 November)
  20. Back to the Dawn - PC (3 November)
  21. Jumanji: Wild Adventures - PC (3 November)
  22. The Silent Swan - PC (3 November)
  23. Ebenezer and The Invisible World - PC (3 November)
  24. Football Manager 2024 - PC (6 November)
  25. The Invincible - PC (6 November)
  26. Greed is Good - PC (6 November)
  27. Cursorblade - PC (6 November)
  28. Racine - PC (6 November)
  29. Banishers: Ghosts of New Eden - PC (7 November)
  30. Nickelodeon All-Star Brawl 2 - PC (7 November)
  31. Stronghold: Definitive Edition - PC (7 November)
  32. Salt and Sacrifice - PC (7 November)
  33. Tintin Reporter: Cigars of the Pharaoh - PC (7 November)
  34. Risk of Rain Returns - PC (8 November)
  35. Like a Dragon Gaiden: The Man Who Erased His Name - PC (9 November)
  36. Sanabi 1.0 - PC (9 November)
  37. Tales of Arise: Beyond the Dawn - PC (9 November)
  38. Gunhead - PC (9 November)
  39. Berzerk: Recharged - PC (9 November)
  40. Double Dragon Advance - PC (9 November)
  41. Super Double Dragon - PC (9 November)
  42. Cuisineer - PC (9 November)
  43. Bem Feito - PC (9 November)
  44. Call of Duty: Modern Warfare III - PC (10 November)
  45. Spells & Secrets - PC (10 November)
  46. Project Unseek - PC (10 November)
  47. Dungeons 4 - PC (10 November)
  48. Air Twister - PC (11 November)
  49. Spirittea - PC (13 November)
  50. Super Crazy Rhythm Castle - PC (14 November)
  51. Ticket to Ride - PC (14 November)
  52. Broken Roads - PC (14 November)
  53. Ufo Robot Grendizer - PC (14 November)
  54. Refind Self: The Personality Test Game - PC (14 November)
  55. KarmaZoo - PC (14 November)
  56. Invincible Presents: Atom Eve - PC (14 November)
  57. Coral Island 1.0 - PC (14 November)
  58. Turok 3: Shadow of Oblivion - PC (14 November)
  59. The Last Faith - PC (15 November)
  60. American Arcadia - PC (15 November)
  61. Not For Broadcast: Bits of Your Life - PC (15 November)
  62. Remnant 2 - The Awakened King - PC (15 November)
  63. Lily in Puzzle World - PC (15 November)
  64. Yohane the Parhelion: Blaze in the Deepblue - PC (16 November)
  65. Dredge - The Pale Reach - PC (16 November)
  66. Hira Hira Hihiru - PC (16 November)
  67. Lake - Season's Greetings - PC (16 November)
  68. Small Saga - PC (16 November)
  69. Loddlenaut - PC (16 November)
  70. Flashback 2 - PC (16 November)
  71. Warhammer Age of Sigmar: Realms of Ruin - PC (17 November)
  72. The Walking Dead: Destinies - PC (17 November)
  73. Persona 5 Tactica - PC (17 November)
  74. Bluey The Video Game - PC (17 November)
  75. Naruto x Boruto Ultimate Ninja Storm Connections - PC (17 November)
  76. In Stars and Time - PC (20 November)
  77. Worldless - PC (21 November)
  78. Pathfinder: Wrath of the Righteous - The Lord of Nothing (21 November)
  79. Jurassic Park Classic Games Collection - PC (22 November)
  80. Forest Grove - PC (29 November)
  81. Tevi - PC (30 November)
  82. Asterix & Obelix Slap Them All! 2 - PC (30 November)
  83. Pixel Cafe - PC (30 November)

https://tekno.kompas.com/read/2023/11/10/19350087/daftar-83-game-pc-yang-rilis-november-ada-cod-modern-warfare-iii-dan-fm-2024-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke