Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Samsung Galaxy S24 Ultra Lolos Uji Jatuh, Pengaruh Rangka Titanium?

Salah satunya adalah penggunaan bahan logam titanium di rangka Samsung S24 Ultra, yang diyakini membuat bodi lebih kuat.

Sebagai perbandingan, Samsung S23 Ultra yang dirilis tahun lalu menggunakan bahan armor aluminium. Layarnya juga kini mengadopsi desain datar (flat), bukan melengkung (curved).

Untuk melihat seberapa kuat bodi dan layar Samsung S24 Ultra, Youtuber teknologi bernama PBKreviews melakukan uji jatuh Samsung S24 Ultra. Hasil pengujian tersebut kemudian dibagikan lewat video YouTube berdurasi 5:34 menit.

Dalam percobaan pertama, PBKreviews menjatuhkan Samsung S24 Ultra ke aspal dari ketinggian pinggang orang dewasa (sekitar 1 meter), dengan kondisi layar menghadap ke bawah.

Menurut Youtuber itu, kaca pelindung Gorilla Glass Armor milik Samsung S24 Ultra tidak membawa peningkatan yang signifikan dibanding Gorilla Glass Victus 2 milik pendahulunya. Ia mengatakan, seharusnya layar ini bisa bertahan ketika dijatuhkan dari ketinggian pinggang.

Yang perlu dicatat, Samsung mengatakan bahwa kaca pelindung ini membuat layar lebih tahan terhadap goresan.

Lolos uji jatuh berkat bahan titanium

Percobaan kedua, Samsung S24 Ultra dijatuhkan lagi dari ketinggian yang sama, tetapi dengan kondisi punggung menghadap ke bawah.

Layar gawai juga masih bisa berfungsi tanpa masalah, tetapi PBKreviews menemukan retakan kecil di bagian kiri atas layar.

Youtuber teknologi ini kemudian melakukan uji jatuh yang sama, tetapi dengan kondisi bagian samping gawai menghadap ke aspal. Bagian bawah bingkai titanium dekat S Pen tergores sedikit.

Uji coba terakhir, model paling mumpuni di Samsung Galaxy S24 series ini dijatuhkan, dengan kondisi bagian bawah ponsel menghadap aspal. Hasilnya, S Pen hampir keluar dari lubangnya, dan bagian bawah ponsel mengalami sedikit goresan.

PBKreviews menyimpulkan bahwa ia melihat peningkatan ketahanan yang ditawarkan bingkai titanium Samsung S24 Ultra, dibanding bingkai armor aluminium milik Samsung S23 Ultra.

Kaca pelindung Gorilla Glass Armor juga diuji coba menggunakan pasir dan kerikil yang disebarkan di layar. Ketika dibersihkan, PBKreviews tidak menemukan adanya goresan atau cacat, sebagaimana dikutip KompasTekno dari YouTube PBKreviews, Rabu (24/1/2024).

Saat dijatuhkan lagi dengan kondisi punggung menghadap aspal, punggung juga mengalami kerusakan yang lebih buruk dibandingkan Samsung S24 Ultra. Bezel kamera belakang sedikit tergores, tetapi lensa kameranya sendiri tidak rusak.

Bagian samping tidak mengalami kerusakan ketika terjatuh, sedangkan bagian ujung dekat S-Pen sedikit tergores.

Untuk uji layar, Samsung S23 Ultra tidak rusak ketika digores menggunakan koin dan kunci. Layar mengalami goresan ketika PBKreviews menggunakan alat khusus yang menyerupai pulpen.

https://tekno.kompas.com/read/2024/01/24/14330007/samsung-galaxy-s24-ultra-lolos-uji-jatuh-pengaruh-rangka-titanium-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke