Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Cara Menghapus File Other atau Data Sistem di iPhone dengan Mudah

KOMPAS.com - Terdapat beberapa panduan dasar dalam mengoperasikan iPhone yang perlu diketahui pengguna. Salah satunya adalah cara menghapus file Other di iPhone. Untuk diketahui, memori penyimpanan iPhone terdiri dari beberapa data, termasuk file Other.

Keberadaan file Other atau disebut juga dengan system data/data sistem di iPhone mungkin akan sedikit mengganggu pengguna, terutama ketika memori penyimpanan iPhone sudah atau hampir penuh.

Saat memori penyimpanan iPhone penuh, pengguna kiranya akan menghapus file Other atau data sistem. Ukuran data sistem di iPhone bisa dibilang cukup besar, bahkan mungkin bisa mencapai 10 GB.

Lantaran jadi salah satu yang menyebabkan memori penyimpanan penuh, pengguna penting untuk mengetahui cara menghapus data sistem di iPhone. Lantas, bagaimana cara menghapus file other di iPhone?

Jika tertarik untuk mengetahui lebih lanjut, silakan simak penjelasan di bawah ini mengenai cara menghapus file Other di iPhone dengan mudah dan praktis.

Apa itu data sistem atau file Other di iPhone?

Sebelum mengetahui caranya, ada baiknya pengguna mengetahui pengertian data sistem atau file other di iPhone. Lantas, apa itu data sistem di iPhone?

Untuk diketahui, data sistem adalah kategori penyimpanan di iPhone yang berisi berbagai jenis data cache atau data sementara. Data cache punya fungsi untuk membantu mempercepat proses memulai sistem pada perangkat.

Data cache itu bisa dihasilkan dari aplikasi bawaan iPhone seperti Safari dan data lainnya yang dihasilkan sistem operasi selama pengoperasian sehari-hari. Selain data cache, data sistem juga berisi elemen yang tak bisa dihapus seperti font, kamus, dan file database Cloudkit.

Contoh data sistem ini bisa dilihat melalui aktivitas penelusuran di browser Safari. Saat pengguna browsing menggunakan Safari, riwayat penelusurannya tidak tersimpan sebagai data aplikasi. Akan tetapi, data riwata itu akan tersimpan sebagai data sistem.

Besar data sistem di iPhone itu bersifat fluktuatif sesuai dengan kebutuhan sistem. Jadi, data sistem bisa berkurang dan bertambah secara otomatis sesuai dengan kebutuhan sistem untuk mengoperasikan perangkat.

Lantaran berisi berbagai data yang dibutuhkan untuk mengoperasikan perangkat, data sistem pada dasarnya tidak dapat dihilangkan atau dihapus sepenuhnya dari iPhone. Namun, data sistem itu dapat dikurangi secara manual.

Cara menghapus data sistem di iPhone

Cara menghapus file Other di iPhone sejatinya bisa dilakukan dengan menghapus sumber-sumber yang menghasilkan data cache. Misalnya, pengguna bisa menutup aplikasi di latar belakang secara penuh.

Kemudian, pengguna bisa menghapus aplikasi yang tak penting. Selain itu, masih terdapat beberapa cara lain yang bisa dilakukan. Adapun penjelasan beberapa cara menghapus file Other di iPhone adalah sebagai berikut.

1. Tutup aplikasi secara penuh

Aplikasi yang berada di latar belakang tidak sepenuhnya tertutup. Aplikasi di latar belakang akan disimpan menjadi data cache, yang akhirnya menambah ukuran data sistem di iPhone. Semakin banyak aplikasi di latar belakang, ukuran data sistem akan semakin bertambah.

Untuk itu, pengguna bisa menutup aplikasi-aplikasi yang berjalan di latar belakang supaya ukuran data sistem berkurang.

Cara menutup aplikasi di latar belakang bisa dilakukan dengan mengusap layar iPhone dari bawah ke atas. Setelah itu, bakal muncul daftar jendela aplikasi di latar belakang. Kemudian, geser ke atas satu per satu jendela aplikasi tersebut.

2. Hapus aplikasi yang tak penting

Cara kedua adalah dengan menghapus aplikasi yang tak penting. Aplikasi bisa menghasilkan data sementara ketika digunakan dan akhirnya menambah ukuran data sistem di iPhone.

Jadi, agar tidak ada potensi penambahan data sementara, pengguna bisa menghapus aplikasi-aplikasi yang tak penting atau jarang dipakai lagi.

3. Hapus cache browser Safari

Cara menghapus data sistem di iPhone yang ketiga adalah dengan menghapus cache atau data sementara yang dibuat di aplikasi browser Safari. Cache browser Safari itu dapat berkontribusi atas bertambahnya data sistem di iPhone.

Untuk menghapus cache pada Safari, silakan buka menu pengaturan. Gulir ke bawah hingga menemukan pengaturan browser Safari. Klik pengaturan browser tersebut, lalu cari dan pilih opsi "Bersihkan Riwayat dan Data Situs Web".

4. Restart iPhone

Keempat, pengguna bisa restart iPhone. Tindakan ini dapat menyegarkan kembali sistem iPhone yang telah dipenuhi dengan data sementara. Untuk restart, caranya matikan iPhone dan hidupkan kembali.

5. Factory reset iPhone

Cara menghapus data sistem di iPhone yang kelima adalah dengan factory reset atau mengatur iPhone ke setelan awal pabrik. Jika memori iPhone terlampau penuh, pengguna bisa melakukan factory reset.

Tindakan ini akan menghapus semua data di iPhone, termasuk data sistem yang sudah menumpuk. iPhone akan dikembalikan seperti perangkat baru dengan tidak banyak memuat data sistem.

Untuk melakukan factory reset, pengguna bisa membuka menu pengaturan “General”. Kemudian, pilih opsi “Transfer or Reset iPhone”. Setelah itu, pilih opsi “Erase All Content and Settings” dan iPhone bakal dimuat ulang ke setelan awal pabrik.

Perlu diketahui, sebelum melakukan factory reset, ada baiknya pengguna telah mencadangkan data iPhone terlebih dahulu, sehingga nanti data yang penting masih bisa dipulihkan kembali.

Cukup mudah bukan cara menghapus file Other di iPhone? Dari beberapa penjelasan di atas, menghapus file Other atau data sistem sebenarnya bukan merupakan tindakan yang efektif untuk mengatasi masalah penyimpanan iPhone penuh.

Pasalnya, data sistem tidak dapat dihapus secara penuh, hanya dikurangi. Seandainya memori penyimpanan penuh, pengguna lebih baik menghapus beberapa data di penyimpanan lokal seperti aplikasi atau media, yang tak penting lagi.

Demikianlah penjelasan lengkap seputar cara menghapus file Other di iPhone dengan mudah dan praktis, semoga bermanfaat.

Dapatkan update berita teknologi dan gadget pilihan setiap hari. Mari bergabung di Kanal WhatsApp KompasTekno. Caranya klik link https://whatsapp.com/channel/0029VaCVYKk89ine5YSjZh1a. Anda harus install aplikasi WhatsApp terlebih dulu di ponsel.

https://tekno.kompas.com/read/2024/02/27/14150037/5-cara-menghapus-file-other-atau-data-sistem-di-iphone-dengan-mudah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke