Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Rekam Konser Taylor Swift Pakai Samsung Galaxy S24 Ultra, Zoom Mulus Hasil Bagus

Pertama, Samsung S24 Ultra menemani kami menonton konser Coldplay "Music of the Spheres" di National Stadium Singapura pada 23 Januari 2024. Kedua, kami juga membawa Samsung S24 Ultra ke konser Ed Sheeran "Mathematics Tour" di Jakarta Internasional Stadium pada 2 Maret 2024.

Yang paling baru, Samsung S24 Ultra juga ikut KompasTekno ke konser Taylor Swift "The Eras Tour" di National Stadium Singapura pada 7 Meret 2024.

Dari tiga konser berskala stadium yang kami hadiri, kami bisa menyimpulkan bahwa Samsung Galaxy S24 Ultra membawa peningkatan signifikan, terutama dalam hal kamera dan kemampuan zoom-nya.

Hal ini kami rasakan ketika menonton dari tribun yang jaraknya sangat jauh dari panggung.

Ini merupakan posisi duduk terjauh yang pernah kami rasakan selama menonton konser di stadion. Sebagai perbandingan, Januari lalu kami juga menonton Coldplay di tempat yang sama, yakni National Stadium Singapore. Namun, tempat duduk kami tak sejauh ketika menonton Taylor Swift.

Saat konser Coldplay, kami duduk di CAT 5, bagian 440 pada baris E dengan nomor tempat duduk 30. Posisi ini berada di tribun tingkat dua. Hasil jepretan konser Coldplay menggunakan Samsung S24 Ultra bisa disimak di galeri foto berikut.

Berkat zoom yang mulus, kami bisa merekam suasana stadion secara keseluruhan, kemudian langsung zoom Taylor Swift ketika sedang bernyanyi dan menari di atas panggung.

Selama 3,5 jam konser, KompasTekno merekam fancam (rekaman dari penggemar) lewat mode kamera biasa maupun fitur "Pro Video". Dengan mode 4K, mengunci fokus, dan menurunkan exposure, kami bisa mendapatkan hasil fancam Taylor Swift yang epik, bagus, dan HD walau menonton dari tribun tingkat tiga di National Stadium.

Kemampuan zoom Samsung S24 Ultra yang mulus bisa dilihat melalui video TikTok di bawah ini.

Kamera 50 MP zoom optis 5x tersebut menggantikan kamera telefoto 10 MP zoom optis 10x (f/4.9) yang sebelumnya rutin hadir di Galaxy S23 Ultra, S22 Ultra, dan S21 Ultra.

Samsung S24 Ultra tetap memiliki zoom 10x, tapi kini hadir dalam bentuk zoom digital.

Dengan adanya kamera baru, Samsung menambah shortcut zoom di UI kamera Samsung S24 Ultra. Hal ini terlihat dari angka zoom yang ditampilkan di layar menjadi lebih banyak, yakni 0.6x, 1x, 3x, 5x, dan 10x.

Hadirnya zoom 5x di antara zoom 3x dan 10x membuat perpindahan zoom di Samsung S24 Ultra lebih mulus, karena angka zoom yang naik secara bertahap, seperti video di bawah. 

Ketika kami memindahkan zoom dari 3x ke 10x terasa ada sedikit patahan dalam proses zoom-nya. Kemungkinan ini karena kamera harus berpindah dengan cepat dari antar-dua kamera telefoto, yakni kamera telefoto 10 MP zoom optis 3x ke kamera telefoto 10 MP zoom optis 10x.

Perbedaan angka zoom yang jomplang, dari 3x ke 10x ini yang kami rasa membuat pengalaman zoom S23 Ultra tak semulus S24 Ultra.

Sebenarnya kami bisa saja berpindah zoom ke secara bertahap di antara 3x dan 10x di S23 Ultra. Namun, kami tidak melakukannya karena kami ingin mengandalkan zoom optis demi mendapatkan rekaman yang lebih bagus.

Pertanyaan selanjutnya, apakah zoom digital 10x di Galaxy S24 Ultra sama bagusnya dengan zoom optis 10x di S23 Ultra?

Di atas kertas, kemampuan zoom optis S24 Ultra memang dipangkas, dari 10x (S23 Ultra) ke zoom 5x.

Meski angka zoom natif turun, menurut kami, ada satu kelebihan yang dibawa zoom digital 10x di Galaxy S24 Ultra, yakni kameranya kini menjadi lebih terang dan tetap tajam.

Hal itu dimungkinkan karena zoom 10x Samsung S24 Ultra kini merupakan hasil crop dari kamera telefoto 50 MP zoom optis 5x (f/3.4) yang baru.

Jadi, bukaan kamera untuk zoom 10x sama besar dengan zoom 5x. Dengan ini, kami bisa merekam fancam Taylor Swift dengan kualitas yang sama terang dan tajamnya, meski di zoom hingga 10x.

Galaxy S24 Ultra ini sudah dilengkapi teknologi Adaptive Pixel Sensor untuk memungkinkan kualitas optical zoom di berbagai level zoom, dari 2x, 3x, 5x, hingga 10x.

Samsung mengatakan, foto akan tetap jernih di level pembesaran 100x atau video hingga zoom 20x, berkat peningkatan digital zoom.

Selengkapnya, hasil foto-foto Taylor Swift pakai Samsung S24 Ultra bisa dilihat melalui galeri foto "Zoom Samsung S24 Ultra Epik Banget, Bisa Jepret taylor Swift dari Ujung Stadion Singapura".

Sementara hasil fancam konser Taylor Swift The Eras Tour bisa ditonton lewat video pendek di bawah.

https://tekno.kompas.com/read/2024/03/14/09300007/rekam-konser-taylor-swift-pakai-samsung-galaxy-s24-ultra-zoom-mulus-hasil-bagus

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke