Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Cara Logout Akun Google di HP dengan Mudah dan Cepat

KOMPAS.com - Terdapat beberapa panduan dasar dalam mengoperasikan akun Google di berbagai perangkat yang perlu diketahui pengguna. Salah satu panduan dasar itu seperti cara logout akun Google di HP (handphone).

Untuk diketahui, akun Google atau biasa dikenal juga dengan akun Gmail sekarang telah dipakai di berbagai perangkat, termasuk HP, untuk mengakses semua layanan atau platform Google, seperti aplikasi Gmail, YouTube, Google Drive, dan lainnya.

Selain itu, akun Google saat ini juga dipakai sebagai akun perangkat di HP berbasis Android. Dalam kondisi tertentu, pengguna penting untuk mengeluarkan atau logout akun Google yang tertaut di HP atau aplikasi.

Logout akun Google dibutuhkan saat, misalnya, pengguna hendak berganti HP. Dengan logout akun Google, data pribadi pengguna yang tertaut di HP akan dikeluarkan dan bisa dipindah ke HP baru.

Selain itu, logout akun Google juga berguna ketika pengguna pernah masuk ke layanan Google menggunakan HP atau perangkat lain yang bukan miliknya.

Dengan mengeluarkannya, data pribadi di akun Google pengguna tak akan diakses sembarangan lewat perangkat asing.

Lantaran punya fungsi yang penting, pengguna perlu mengetahui cara mengeluarkan akun Google di HP. Lantas, bagaimana cara logout akun Google di HP? Jika tertarik untuk mengetahuinya, berikut adalah cara logout akun Gmail di HP dengan mudah dan cepat.

Cara logout akun Google di HP

Cara logout akun Gmail di HP itu pada dasarnya cukup mudah. Ada banyak pilihan cara yang bisa dilakukan pengguna untuk mengeluarkan akun Google di HP. Misalnya, cara mengeluarkan akun Google di HP bisa dilakukan melalui menu pengaturan perangkat.

Kemudian, cara logout akun Gmail di HP juga bisa dilakukan melalui menu pengaturan akun Google. Adapun penjelasan yang lebih lengkap mengenai beberapa cara logout akun Google di HP adalah sebagai berikut.

1. Cara logout akun Google di HP Android

Bila pengguna memakai akun Google atau akun Gmail untuk jadi akun perangkat di HP Android, cara mengeluarkannya adalah sebagai berikut:

2. Cara logout akun Google di iPhone

Bila memakai akun Google untuk jadi akun perangkat di iPhone, pengguna bisa mengeluarkannya dengan cara sebagai berikut:

  • Buka menu pengaturan iPhone.
  • Selanjutnya, pilih menu pengaturan “Mail” dan pilih opsi “Akun”.
  • Kemudian, pilih akun Gmail yang hendak dikeluarkan.
  • Terakhir, klik opsi “Hapus Akun” dan akun Gmail bakal secara otomatis dikeluarkan dari iPhone.

3. Cara logout akun Google di HP pada aplikasi Gmail

Akun Google juga bisa dipakai untuk login pada aplikasi Gmail yang tersedia di HP. Pengguna dapat mengeluarkan akun Google yang dibuat login di aplikasi Gmail HP dengan cara sebagai berikut:

4. Cara logout akun Google di HP pada Google Search

Akun Google bisa dipakai untuk login pada layanan mesin pencari Google atau Google Search di browser HP. Bila pengguna pernah login akun Google di Google Search pada browser HP, berikut adalah cara mengeluarkannya:

  • Buka aplikasi browser di HP yang dipakai untuk login akun Google.
  • Kemudian, pada browser tersebut, buka Google Search yang beralamatkan di www.google.com.
  • Pada halaman awal Google Search di browser HP, klik ikon foto profil akun.
  • Terakhir, klik opsi “Logout dari semua akun” dan akun Google pun bakal dikeluarkan dari semua layanan Google pada browser tersebut.

5. Cara logout akun Google di HP lewat menu pengaturan akun

Akun Google yang telah dipakai login di HP bisa dikeluarkan lewat menu pengaturan akun. Cara ini berguna ketika pengguna pernah memakai akun Google untuk login di perangkat yang bukan miliknya.

Melalui menu pengaturan akun Google, pengguna bisa mengeluarkan akun Google miliknya di perangkat lain secara jarak jauh. Adapun cara logout akun Google di HP lewat menu pengaturan akun adalah sebagai berikut:

Cukup mudah bukan cara logout akun Google di HP? Melalui cara di atas, pengguna tak perlu bingung lagi ketika hendak mengeluarkan akun Google di HP untuk berbagai tujuan, baik untuk memindahkan data saat berganti HP atau mengamankan data dari ases perangkat asing.

Pengguna bisa logout akun Google dengan mudah dan cepat melalui berbagai pilihan cara di atas. Demikianlah penjelasan lengkap mengenai beberapa cara logout akun Google di HP, semoga bermanfaat.

Dapatkan update berita teknologi dan gadget pilihan setiap hari. Mari bergabung di Kanal WhatsApp KompasTekno. Caranya klik link https://whatsapp.com/channel/0029VaCVYKk89ine5YSjZh1a. Anda harus install aplikasi WhatsApp terlebih dulu di ponsel

https://tekno.kompas.com/read/2024/03/16/00150037/5-cara-logout-akun-google-di-hp-dengan-mudah-dan-cepat

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke