Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Membuat Receiptify Spotify buat Cek Lagu Favorit dengan Daftar Mirip Setruk Belanja

KOMPAS.com - Terdapat beberapa layanan tambahan pada aplikasi Spotify yang menarik buat dicoba, salah satunya Receiptify Spotify. Dalam hal ini, pengguna mungkin tertarik untuk mengetahui cara membuat Receiptify Spotify buat cek lagu atau musik yang sering didengar.

Untuk diketahui, Receiptify adalah layanan dengan fitur pembuat grafik peringkat lagu, musisi, atau genre favorit yang sering didengarkan di platform Spotify. Di Receiptify, daftar lagu favorit pengguna bakal disusun dalam bentuk yang unik.

Daftar lagu favorit yang sering diputar di Spotify tersebut bakal disajikan Receiptify dalam bentuk seperti setruk belanja. Daftar lagu favorit di Receiptify dapat menampilkan lagu-lagu yang sering diputar pengguna dalam sebulan terakhir, enam bulan terakhir, dan sepanjang waktu.

Lantas, bagaimana cara membuat Receiptify Spotify untuk cek daftar lagu favorit dalam bentuk seperti setruk belanja? Jika tertarik mencobanya, silakan simak penjelasan mengenai cara membuat Receiptify Spotify di bawah ini.

Cara membuat Receiptify Spotify

Cara membuat Receiptify Spotify itu pada dasarnya cukup mudah. Pengguna dapat mengunjungi website ini receiptify.herokuapp.com untuk membuat daftar lagu favorit dengan bentuk seperti setruk belanja.

Adapun penjelasan yang lebih detail soal cara membuat Receiptify Spotify untuk cek lagu favorit dengan daftar mirip setruk belanja adalah sebagai berikut:

Cukup mudah bukan untuk membuat Receiptify? Sementara itu, perlu untuk diketahui, layanan Receiptify sendiri dikembangkan dengan memakai Web API dari Spotify atau biasa disebut juga dengan Spotify API.

Spotify API sendiri adalah program perangkat lunak yang berfungsi untuk menjembatani permintaan atau perintah pengguna di layar aplikasi dengan server Spotify.

Lewat program perangkat lunak tersebut, pengembang pihak ketiga bisa membuat layanan eksternal (di luar Spotify) dengan mengambil data pengguna yang berasal dari server atau database Spotify, seperti yang dilakukan oleh Receiptify.

Supaya bisa mengambil data pengguna, layanan pengembang yang berbasis Spotify API perlu mendapat izin atau otorisasi dari pengguna. Oleh sebab itu, sebelum membuat Receiptify, Anda diminta memasukkan akun Spotify sebagai bentuk otorisasi layanan.

Adapun data pengguna yang bisa diakses dalam Receiptify antara lain adalah username Spotify, data kategori Top Artist, data di bagian Library,

Sementara itu, seandainya ingin memutus akses atau otorisasi Receiptify, Anda bisa mengakses laman pengaturan akun Spotify di situs ini https://www.spotify.com/id/account/.
Bila telah login di situs itu, silakan pilih menu “Aplikasi”.

Terakhir, cari layanan “Receiptify” yang telah diotorisasi, lalu klik opsi “Hapus Akses”. Itulah penjelasan seputar cara membuat Receiptify Spotify buat cek lagu favorit dengan daftar mirip setruk belanja yang unik, selamat mencoba.

Dapatkan update berita teknologi dan gadget pilihan setiap hari. Mari bergabung di Kanal WhatsApp KompasTekno. Caranya klik link https://whatsapp.com/channel/0029VaCVYKk89ine5YSjZh1a. Anda harus install aplikasi WhatsApp terlebih dulu di ponsel.

https://tekno.kompas.com/read/2024/04/14/14150097/cara-membuat-receiptify-spotify-buat-cek-lagu-favorit-dengan-daftar-mirip

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke