Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Paket Software Server Microsoft Jangkau UKM

Kompas.com - 21/02/2008, 17:07 WIB

JAKARTA, KCM - Kalangan usaha kecil dan menengah (UKM) mendapat penawaran khusus dari Microsoft untuk mengadopsi teknologi software untuk server terbarunya. Paket tersebut menawarkan diskon harga dan fleksibilitas pengaturan fasilitas sesuai kebutuhan UKM.

Adrian Anwar, Server Business Group Manager PT Microsoft Indonesia, mengatakan hal tersebut, usai Media Launch Server Wave 2008 di Jakarta, Kamis (21/2). Ia katakan penawaran untuk UKM dilakukan dengan dua pendekatan, fitur dan harga.

Misalnya pada Windows Server 2008, sistem operasi terbaru Microsoft yang baru akan resmi masuk Indonesia 4 Maret 2008. Software tersebut memiliki fitur yang disebut server core. Dengan fitur ini, pengguna dapat mengatur fasilitas apa saja yang akan diaktifkan sesuai kebutuhan.  

"Perusahaan kecil yang memiliki IT resources rendah tetap bisa install," kata Adrian. Windows server 2008 dapat dipilih komponen-komponennya sebelum diinstalasi. Mislanya, jika hanya diperlukan sebagai server web, komponen lainnya tak perlu dipasang sehingga hardware dengan spesifikasi minimum tetap dapat dipakai.

Selain itu, Microsoft Indonesia menawarkan paket hemat untuk paket software server. Paket yang terdiri dari Windows Server 2008, Exchange Server, ISA Server, dan SQL Server, dijual antara 500 hingga 1000 dollar AS.

"Kalau dihitung per software nilai diskonnya bisa mencapai 80 persen," jelas Adrian. Sebagai perbandingan, software yang dijual untuk enterprise (usaha besar) dijual dari 500 hingga 3000 dollar untuk setiap software sesuai kapasitas penggunanya.  

Untuk menutup peluang penyalahgunaan, software dibatasi penggunaannya. ukan pada fiturnya, melainkan jumlah pengguna. Untuk Exchange Server, misalnya, hanya dibatasi untuk mengelola 70 email yang akan diatur secara otomatis.(WAH)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com