Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Spectra Vertex DX-1, Camcorder Mini dengan Layar Lega

Kompas.com - 30/04/2008, 14:25 WIB
 

Jika pernah mengalami era fotografi yang menggunakan film seluloid, tentu Anda tidak asing dengan merk Konica. Vendor inilah yang merilis kamera dual fungsi merek Spectra, termasuk Spectra Vertex DX-1 ini. Resolusi sensor CCD sebesar 5 megapixel yang diusung kamera ini kami nilai mencukupi kebutuhan penggemar fotografi pemula.

Di bawah sinar matahari cerah, kami mendapatkan hasil yang lumayan bagus. Berhati-hatilah terhadap bagian gelap pada objek foto. Hasil rekam foto Spectra Vertex DX-1 cenderung kehilangan detail pada bagian yang agak gelap. Jika Anda memotret objek di bawah naungan, cobalah bantu dengan lampu kilat untuk “membuka bayangan” dan menghindari hilangnya detail di bagian tersebut.

Anda juga harus hati-hati saat memotret dalam jarak yang dekat (kurang dari 1 meter). Aktifkan dulu tombol geser pengatur fokus ke arah makro (ikon bunga). Jika tidak, maka rekaman foto menjadi out-of focus.

Kami mendapati kinerja yang baik dalam hal white balance, asalkan fasilitas ini disetel secara manual. Saat kami coba posisikan sistem white balance ke auto, sesekali terjadi white-balance yang meleset, utamanya saat dicoba untuk memotret di dalam ruangan.

Fasilitas perekam video kami uji dengan merekam objek di pasar malam. Hasilnya, rekaman gambar video cenderung bersifat soft-focus. Kami sempat menemui kesulitan saat merekam di bawah kondisi cahaya minim, akibat tingkat terang dari LCD terasa kurang.

Untunglah, Spectra Vertex DX-1 menyediakan lampu video kecil sehingga objek dapat tertolong pencahayaannya dan kami dapat mengatur komposisi. Namun demikian, lampu video ini mengonsumsi daya yang relatif besar dari batere camcorder. 

Jika Anda hendak menggunakan lampu video tambahan, pilihlah yang menggunakan sumber daya listrik tidak dari camcorder, melainkan dengan kemasan batere. Spectra Vertex DX-1 tidak dilengkapi dengan hotshoe untuk menambahkan lampu video atau lampu kilat (flash/blitz) eksternal.

Vertex Spectra DX-1 menyediakan koneksi jenis USB untuk melakukan transfer data rekaman dari kamera (utamanya yang ada di dalam memori internal) ke komputer. Koneksi ini juga bermanfaat jika pengguna tidak memiliki card reader untuk memindahkan rekaman dalam kartu memori SD atau MMC. Jika dihubungkan dengan komputer lewat kabel USB, kamera akan dikenali sebagai drive dan dapat diakses isinya.

***

Spectra Vertex DX-1 cukup untuk memenuhi kebutuhan dokumentasi yang murah-meriah, baik foto maupun video. Kelebihan lain dari camcorder ini adalah ukuran layar LCD-nya yang lega, sehingga memudahkan kita mencari sudut gambar terbaik. Namun daya lampu kilat yang kecil dan boros batere membuatnya kurang ideal untuk mengambil gambar di suasana temaram.

(sumber: InfoKomputer)

 

PLUS: Harga ekonomis; LCD cukup lega.

MINUS: Tidak memiliki zoom optik; daya lampu kilat & video kecil; tidak ada slot aksesoris.

 
 

SKOR PENILAIAN

(maksimal 5)

Fitur: 2,5

Kemudahan pakai: 3,5

Kinerja: 3

Harga: 5

SKOR TOTAL: 3,35

 

SPESIFIKASI Spectra Vertex DX-1

Resolusi sensor cahaya
CMOS resolusi 5 megapixel.
Resolusi video (min/max)
320x240(QVGA)/640x480(VGA)
Tipe koneksi
USB, A/V output komposit.
Format video
MPEG4
Format foto
JPEG
Format audio
ASF
Media rekam

SD/MMC card. Memori internal 32 mega byte.

Zoom digital
16X
Aperture/diafragma/iris
f/3,2
Kecepatan rana/shutter
1 - 1/1000 detik
Diagonal LCD
3”
Tipe baterai
Lithium ion NP 40, atau 4X Alkaline A3.
Baterry charger
Ada
Garansi
1 tahun
Harga kisaran
Rp.1.675.000
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com