Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mencicipi Internet 3G di Linux

Kompas.com - 23/05/2008, 15:24 WIB

Oleh: Pramana Sukmajati

Kini, Mandriva 2008 versi download hadir dengan dukungan koneksi internet 3G yang lebih komplit. Sebenarnya fasilitas tersebut sudah ada di Mandriva 2007, tetapi kebetulan driver untuk peranti Option GlobeTrotter Fusion 3G PCMCIA yang PCplus pakai hanya tersedia di paket PowerPack.

Bisa saja, sih PCplus mencomot driver nozomi dari Pharscape, tetapi setting-nya sangat rumit untuk sebagian orang. Terpaksa deh menunggu versi terbarunya. Dan benar saja, kini Mandriva 2008 telah membundel driver tersebut. Hasilnya, proses instalasi menjadi lebih praktis. Kita hanya perlu klak-klik saja dan peranti pun secara otomatis dikenali.

Begini langkah-langkah komplitnya:
  1. Panggil jendela Mandriva Linux Control Center 2008 melalui [Menu] > [Tools] > [System Tools] > [Configure Your Computer]. Masukkan root password kala diminta, maka jendelanya akan terbentang. Klik tab [Network & Internet]. Pada bagian “Manage your network devices”, pilih [Set up a new network interface (LAN, ISDN, ADSL...)].
  1. Pada tahap berikutnya, Anda akan diminta untuk memilih jenis koneksi yang akan disetel. Tancapkan kartu PCMCIA Option GlobeTrotter, lalu pilih opsi [GPRS/Edge/3G]. Klik [Next], secara otomatis, Mandriva akan mendeteksi kartu Option GlobeTrotter yang Anda tancapkan. Klik [Next] lagi.
  1. Saat muncul permintaan PIN, silakan masukkan untuk mengamankan koneksi tersebut. Kami memilih tidak mengaktifkannya, jadi langsung klik [Next]. Karena memakai koneksi 3G Broadband dari Indosat, label ISAT 3G muncul sebagai pilihan jaringan. Teruskan dengan mengklik [Next].
  1. Anda masih harus mengatur beberapa hal. Tunjuk [Unlisted - edit manually] pada fase setelahnya, lantas ketikkan data Access Point Name (APN), user name, dan password yang diberikan oleh operator. Pilih [Next] seusainya.
  1. Sampai di tahap “Connection control”. Sesuaikan pilihan yang Anda aktifkan dengan kebutuhan, lalu tekan [Next]. Klik [Yes] untuk langsung mengaktifkan koneksi. Akan ada konfirmasi bahwa konfirmasi sukses, klik [Finish].
  1. Bukalah jendela Firefox atau web browser lain yang terinstal dalam sistem. Ketik alamat situs tertentu untuk mengetes koneksi. Tada... selamat ber-internet.
  1. Untuk memutuskan koneksi 3G, klik-kanan ikon Network pada system tray. Tunjuk [Disconnect ppp0]. Sebaliknya, untuk menyambung kembali koneksi 3G, klik-kanan ikon Network pada system tray, lantas pilih [Connect ppp0].
  1. Jika Anda mengklik-dobel ikon Network, yang akan muncul adalah jendela Network Center. Dari sini, Anda juga bisa mengelola koneksi internet.

 

Apa itu Mandriva?

Mandriva Linux 2008 (dulu dikenal sebagai Mandrakelinux) dikembangkan oleh komunitas pengembang Mandriva sejak tahun 1998 dengan tujuan membuat Linux semakin mudah digunakan oleh semua orang. Distro Mandrake Linux dibuat pertama kali oleh Gael Duval, sedangkan Mandrakesoft dikembangkan oleh Jacques Le Marois, Gaël Duval and Frédéric Bastok. Kini, Mandriva merupakan salah satu komunitas open source tertua di dunia.

Tersedia secara gratis, software Mandriva Linux 2008 yang sudah dirilis secara resmi                                                                                                                                                                                                                                                                                                        sejak bulan Oktober 2007 lalu bisa Anda download di www.mandriva.com. CD instalasi lengkapnya terdiri dari suite aplikasi dan desktop KDE lengkap, driver video card proprietary untuk nVidia dan ATI, firmware nirkabel Intel, Adobe Flash, serta plugin browser Sun Java. 

(sumber: PCplus)
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com