Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lacak Waktu Perjalanan dengan Bluetooth

Kompas.com - 29/05/2008, 10:11 WIB
 

JAKARTA, KAMIS – Punya ponsel Bluetooth? Ada hal lain yang bisa Anda lakukan dengannya selain mengkoneksikannya ke headset nirkabel.

Para ilmuwan dari Purdue University telah menemukan cara memanfaatkan sinyal Bluetooth untuk melacak kecepatan pergerakan pejalan kaki dan kendaraan. Dari situ didapat informasi tepat tentang berapa lama Anda harus menunggu antrian di bandara misalnya.

Bagaimana bisa? Bisa karena setiap perangkat Bluetooth bisa diidentifikasi dan dilacak melalui tandatangan (signature) digital yang unik.

Para peneliti pun yakin bahwa cara ini akan menjadi cara yang tidak mahal untuk melacak beragam waktu perjalanan mulai dari perjalanan pagi Anda ke kantor sampai saat menunggu antrian bermain di Disneyland atau di bandara. Ketika dilacak, misalnya, oleh receiver-receiver yang ada di pinggir jalan, ponsel juga bisa menerima informasi dari Bluetooth dan karenanya ponsel pun bisa menyediakan waktu real time tentang seberapa lama waktu yang dibutuhkan Anda untuk mencapai tujuan perjalanan Anda.

Para peneliti Purdue University telah mencoba cara pelacakan ini di bagian-bagian jalan raya Interstate 65, Interstate 465 dan jalan-jalan di sekitar Indianapolis, melacak 1,2% dari rata-rata lalu-lintas harian pada rute tertentu – yang berarti sekitar 1 dari 100 kendaraan telah dilacak. Mereka mengatakan bahwa paten akan metoda ini juga telah diajukan. Teknologi dasar untuk membuat sistem pelacakan tersedia secara komersial.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com