Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sebelum Back to Kampong, Periksa Komponen ini

Kompas.com - 02/09/2008, 06:46 WIB

Lebaran masih sebulan lagi. Bagi mereka yang sudah punya rencana mudik dengan mobil sendiri, lakukan persiapan dari sekarang. Jadi bila tiba saatnya, Anda tak perlu lagi antri lama di bengkel atau toko onderil. Inilah bagian dari kendaraan yang harus disiapkan.

1. Ban. Berdasarkan data, ban adalah penyebab kecelakaan terbanyak. Antara lain karena
Ban sudah botak atau tekanannya tidak memenuhi standar. Kalau ban Anda saat ini sudah hampir botak, siapkanlah penggantinya. Jangan berpikir, sayang uang. “Uang bisa dicari, tapi ... nyawa?”

Sesuaikan tekanan ban dengan muatan kendaraan. Bila tekanan angin kurang, selain menyebabkan kemungkinan meletus lebih besar, konsumsi bahan bakar juga boros. Ingat, harga bahan bakar sekarang ini mahal! Alur ban yang digunakan jangan sampai kurang dari satu sentimeter.

2. Rem. Jangan sampai terjadi, mesin oke, tetapi rem payah. Akibatnya bukan “highway to kampung, malah highway to rumah sakit atau akhirat”. Karena itu, kampas dan minyak rem harus dalam kondisi baik. Bila tak mau repot mengerjakan sendiri, bawalah ke bengkel resmi dari mobil yang Anda gunakan. Di sini bisa ganti atau tambah minyak rem, buang angin dan ganti kampas.

3. Kopling. Ini hanya berlaku untuk mobil yang masih menggunakan transmisi manual. Bila sudah memperlihatkan gejala slip dan akselerasi lelet , sebaiknya diganti. Atau paling tidak, disetel ulang! Kopling slip menyebabkan konsumsi bahan bakar jadi boros dan payah menanjak! Cairan atau minyak kopling juga diperiksa. Tidak boleh kurang dan jika buang angin palsunya.

4. Oli transmisi atau persneling. Sebaiknya diganti agar lebih aman. Sekarang ini, oli transmisi yang digunakan sama dengan mesin. Karena itu, sebaiknya berkonsultasi atau tanyakan kepada bengkel dari merek mobil digunakan sebelum memilih oli transmisi.

Untuk mobil yang menggunakan transmisi otomatik, sebaiknyajuga diganti. Untuk ini digunakan ATF. Kalau hendak menggantinya, lakukan di bengkel yang punya alat khusus pengguras dan pengisi ATF. Dengan demikian tingkat kebersihan lebih baik. Untuk mobil gerak roda belakang, oli gardan juga sebaiknya diganti.

5. Lampu-lampu. Terutama lampu besar atau depan. Bila perlu siapkan cadangannya. Termasuk sekring dan relay. Repot kalau tiba-tiba putus dan tidak punya serep.

6. Wiper atau penghapus kaca dan air pembersihnya. Di saat hujan dan udara berembun, penghapus sangat penting untuk membantu kelancaran perjalanan. Karena itu, penghapus kaca yang tidak lancar jalannya, ganti segera karetnya. Tambahkan shampo khusus untuk pembersih kaca.


7. AC. Pastikan kondisinya baik. AC sangat membantu bila muncul embun pada kaca depan. Sedangkan air pembersihnya, sangat membantu bila kaca terdapat banyak kotoran.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com