Membersihkan Dinding Batu Alam

Kompas.com - 09/01/2009, 13:22 WIB
Editor

MERAWAT batu alam itu tidaklah terlalu sulit. Dan tak harus dilakukan setiap saat. Cukup tiga bulan sekali atau kalau sedang malas, cukup bersihkan kalau sudah kelihatan kotor sekali.

Caranya :

  • Debu atau kotoran pada dinding biasanya hanya melekat pada permukaan. Kotoran ini bisa rontok hanya oleh semprotan air yang cukup keras. Jadi untuk mengusir debu atau kotoran yang tidak membandel, semprotkan air bersih ke dinding batu dari bagian atas hingga bawah.
     
  • Nah, jika setelah disemprot masih ada kotoran yang melekat, gunakan alat bantu sikat atau kuas untuk merontokkannya. Gunakan sabun cuci untuk merontokkan kotoran jika perlu. Biasanya, kotoran-kotoran bandel itu melekat pada celah-celah antarbatu. Setelah dikuas atau disikat, segera semprot area itu dengan air bersih.
     
  • Setelah dinding kering, coba periksa coating batunya. Jika masih bagus, berarti langkah pembersihkan sudah selesai. Jika coating terkelupas atau malah belum ada coating-an, lakukan peng-coating-an. Labur batu dengan coating batu alam. Gunakan kuas, dan lakukan proses peng-coating-an sebanyak tiga lapis. Setelah itu, tunggu kering dan amati hasil kerja Anda. Jadi tambah indah kan dinding batu alam Anda?
     

O, ya! Jangan lupa, bersihkan dinding minimal tiga bulan sekali ya. Coating ulang setiap tahun.

 

Whery/Tatang



Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X