Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Dia PDAphone Dual On GSM Pertama dengan Win Mobile

Kompas.com - 13/01/2009, 15:47 WIB

JAKARTA, SELASA — Fitur dual GSM pada ponsel sudah tidak aneh lagi. Namun, dual GSM yang keduanya aktif pada PDAphone adalah sesuatu yang belum biasa, dan inilah yang ditawarkan Mito pada produk barunya, Mito 9000 Power Duo.

Menariknya, PDAphone ini mengusung sistem operasi Windows Mobile v6.0 Professional. “Inilah PDAphone lokal pertama dengan Windows Mobile v6.0,” kata Dedy Kristiadi, perwakilan dari Microsoft Indonesia. Layar PDAphone dual on GSM ini cukup lebar, 2,8”, bersifat layar sentuh dengan dukungan resolusi 320x240 dan kedalaman warna 260.000.

Pada Mito 9000 Power Duo ini, kita bisa memasukkan dua SIMCard GSM. Kedua-duanya aktif. Cuma SIM pertama (A) bekerja pada empat frekuensi (quad band: 850/900.1800/1900, GPRS Class 10), sedangkan SIM kedua (B) hanya bekerja di dua frekuensi (900/1800). Alhasil SIM A bisa mengirimkan pesan multimedia, ber-conference call, call waiting, dan 3-way call. Namun, SIM B hanya dapat mengakses panggilan dan SMS.

Keterbatasan ini, tutur Hansen Lie, Direktur Utama Mito Mobile, karena software dan hardware. Maklum, di dalam PDAphone ini tertanam dua prosesor ARM9 RISC 400MHz dan dua chipset.

Karena mengusung Win Mobile, fasilitas software Mito cukup kaya, antara lain Windows Office (Word, Excel, PowerPoint) Mobile, IE Mobile, Office Outlook, Media Player 10.x, ActiveSync. Sinkronisasi file dapat dilakukan secara nirkabel, over the air.

Selain itu, ada software Bak2U AntiTheft yang disebutkan bisa mengirimkan nomor yang digunakan ‘pencuri’ ke nomor-nomor yang sudah sebelumnya didaftarkan oleh si pemilik yang kehilangan ponsel. Tambahan software Remote Wipe pun dapat dimanfaatkan untuk menghapus data dalam ponsel secara remote ketika ponsel hilang. E-mail pun bisa mobile, direct push mail ke Mito, tanpa peduli lokasi penggunanya.

“Mito bukan sekadar ponsel biasa karena bisa macam-macam. Misalnya, menonton film, play dengan codec DivX, Real Video, WMV, punya nuansa multimedia. Browser pun bisa di-install. Aplikasi yang tersedia ada 19.000 yang sudah disertifikasi Microsoft sehingga bisa pasang aplikasi yang bukan dari Mito. Dunianya tidak terbatas,” tegas Dedi.

Fasilitas lain pada Mito 9000 Power Duo yang berdimensi 111 x 58 x 15,7 mm ini antara lain Bluetooth 1.2, USB, kamera 2 megapiksel, dan slot memori yang mendukung sampai 2GB. Berikut baterai Li-Ion 3,7V 1250mAH, bobot PDAphone ini 123 gram. Baterainya diklaim mampu bertahan sampai 180 jam waktu siaga dan sampai 200 menit untuk waktu bicara.

Mito 9000 Power Duo digaransi 1 tahun dengan perlengkapan standar berupa kartu memori 1GB, 2 baterai, dan voucher training Whiz Mobile senilai Rp 500.000, dan Bak2U Anti-Theft Software. PDAphone ini dilepas pada harga perdana Rp 4,5 juta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com