Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KOMPAS.com Rilis Mobile Site Khusus untuk iPhone dan iPod Touch

Kompas.com - 20/03/2009, 18:11 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Hari ini, KOMPAS.com merilis web application khusus iPhone dan iPod Touch seiring peluncuran iPhone 3G di Indonesia, Jumat (20/3) malam ini. Dengan web app ini, pengguna iPhone dan iPod Touch dapat mengakses KOMPAS.com versi khusus, cukup dengan mengetikkan www.kompas.com di browser iPhone.

"Web app ini sudah didesain khusus untuk iPod Touch dan iPhone yang memanfaatkan fitur-fiturnya secara maksimal," ujar Edi Taslim, General Manager Business KOMPAS.com. Bekerja sama dengan Telkomsel selaku mitra operator iPhone 3G di Indonesia, KOMPAS.com menyediakan ikon web app di halaman iPhone Telkomsel.

Perbedaan utama yang diberikan web app adalah tampilan yang lebih praktis dan sederhana sesuai lebar layar iPhone. Pengguna tak perlu menggeser layar untuk mengakses semua artikel, baik di rubrik maupun kanal-kanal KOMPAS.com. Bahkan, tampilan akan menyesuaikan sendiri, baik dengan posisi layar, landscape, maupun portrait sesuai viewing angle.

Fitur lain yang hanya ada di iPhone adalah menu scroll untuk memilih rubrik atau kanal saat pembaca tengah mengakses halaman muka KOMPAS.com. Fitur ini mempermudah pengguna memilih menu tanpa harus melakukan scrolling back ke awal atau akhir halaman indeks.

"Web app sengaja dipilih lebih dulu karena tak perlu proses instalasi," ujar Edi. Selain web app, KOMPAS.com juga akan segera meluncurkan stand alone application KOMPAS.com untuk  iPhone atau iPod Touch.

Stand-alone app KOMPAS.com dirancang lebih interaktif dan mudah digunakan dengan menyusun menu dalam satu tampilan layar. Pengguna dapat berpindah-pindah dari satu kanal ke kanal lain di KOMPAS.com tanpa perlu kembali ke menu awal.

"Kami targetkan akhir bulan ini stand-alone app KOMPAS.com sudah siap dan bisa di-download di iTunes Store secara gratis," ujar Edi. Sebagai informasi, stand-alone app hanya dapat diperoleh pemilik iPhone yang telah memiliki account iTunes Store dan harus melakukan proses instalasi.

Semua aplikasi, baik web app, maupun stand alone app tersedia cuma-cuma. Web app KOMPAS.com bisa diakses di alamat http://m.kompas.com/iphone atau cukup ketikkan www.kompas.com saja di browser Safari iPhone dan iPod Touch.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com