Telebit Klein2, PC all-in-one

Kompas.com - 13/05/2009, 10:01 WIB
Editor

Konsep PC all-in-one sepertinya semakin populer belakangan ini. Kali ini InfoKomputer kedatangan PC All-in-one dari Telebit yang disebut Klein2. Telebit Klein2 ini cuma dibandrol US$ 365 sehingga lebih cocok bagi warnet atau kantor yang membutuhkan PC ringkas dengan harga terjangkau.

Sekadar mengingatkan, PC All-in-One adalah sebuah PC yang menempatkan komponen pendukung di belakang monitor. Dengan begitu, PC menjadi satu kesatuan yang ringkas dan irit tempat — sesuai dengan gaya hidup masa kini yang praktis sekaligus hemat tempat. Desain ini menjadi mungkin juga karena komponen yang digunakan adalah komponen untuk notebook, sehingga lebih “dingin” dan dapat dipasang di belakang monitor.

Namun jika PC All-in-One lain berbasis prosesor Intel Mobile, Klein2 ini agak berbeda karena menggunakan prosesor VIA Mobile C7-M. Pemilihan prosesor ini sepertinya untuk mengejar efisiensi di sisi harga, dengan konsekuensi performa lambat.

Ketika InfoKomputer menguji produk ini, beberapa aplikasi pengujian terpaksa diturunkan standarnya (seperti cuma menggunakan Sysmark 2004 dan bukan Sysmark 2007 seperti biasa) karena PC ini tidak dapat melalui pengujian kelas berat tersebut. Untuk pengujian video encoding pun, Klein2 membutuhkan waktu sampai 1,5 jam, yang berarti selisih lebih dari 1 jam jika dibandingkan nettop HP Compaq CQ2035D.

Namun mengingat PC ini bukan ditujukan untuk aplikasi kelas berat, kami merasa perlu untuk menyajikan pengujian untuk aplikasi sehari-hari. Hasilnya kurang lebih seperti ini: booting ke Windows butuh waktu 32 detik, sementara shutdown sekitar 20 detik. Meski tetap terasa lambat, setidaknya data tersebut menunjukkan Klein2 bisa digunakan untuk aplikasi standar. Kami juga perlu menyebutkan Klein2 sukses melewati burn-in test Sisoft Sandra 2007 selama 12 jam, sehingga stabilitas tidak menjadi masalah di PC ini.

Dari sisi fasilitas, Klien2 tampil standar. Hal yang paling mengecewakan adalah tidak adanya fasilitas Wi-Fi. Perangkat optiknya pun berupa CD-ROM drive. Untungnya tersedia fasilitas port Ethernet, yang dilengkapi port USB 2.0, PS/2 untuk mouse dan keyboard, serta audio in/out. Untuk kemudahan transfer data, disediakan slot kartu memori untuk SD, MMC, dan MS.Layarnya sendiri berukuran 14,1” dengan resolusi 1280x800 pixel.

***

Jika terbiasa dengan PC All-in-One yang eksotik, Anda mungkin memandang sebelah mata terhadap Telebit Klien2 ini. Namun penampilan fisik memang bukan jualan utama PC ini. Daya tarik utamanya adalah konsep All-in-One-nya, sehingga bisa lebih hemat tempat. Selain itu, tidak banyak PC plus monitor yang dijual dengan harga cuma US$ 365. Jadi Telebit Klein2 memang dobel hemat: hemat tempat, hemat biaya.

Sumber: InfoKomputer


PLUS: Harga murah; bentuk ringkas.

MINUS: Performa kurang gegas; tidak dilengkapi WiFi; perangkat optik cuma CD-ROM.


SKOR PENILAIAN
(maksimal 5)
Kinerja: 3
Fasilitas: 4
Kemudahan: 4
Harga: 4,25
SKOR TOTAL: 3,75


Hasil Pengujian
Agak sulit menilai kinerja Telebit Klien2 karena ia tidak mampu melewati pengujian standar kami. Namun untuk sedikit mendapatkan gambaran kinerja Telebit Klien2, kami membandingkan performanya dengan nettop HP Compaq CQ2035D yang berbasis Intel Atom 330. Pada pengujian video encoding, kita bisa melihat perbedaan performa yang sangat signifikan. Namun performanya di audio encoding terlihat sekelas.

 

 
Telebit Klien2
HP Compaq CQ2035D
Sysmark 2004
61
N/A
Encoding video
1 jam 27 menit 57 detik
32 menit 11 detik
Encoding audio
13 menit 50 detik
14 menit 7 detik
3DMark 2001
1526
N/A
 
 
Spesifikasi Telebit Klien2 NetPC PA401

Prosesor: VIA Mobile C7-M 1,86GHz

RAM: DDR2-533MHz, 512MB
Chipset: VIA CN700
Kartu Grafis: VIA S3G Unichrome Pro IGP 64MB
Kartu suara: Realtek ALC655
Harddisk: Samsung IDE, 60 GB, 5400 rpm
Optical drive: CD-ROM 24X

Fasilitas: 4 USB 2.0, slot kartu memori (SD, MMC, MS), Audio I/O

Layar:  14,1”, 1280x800 pixel

Sistem Operasi: Tidak ada
Dimensi: 37x31x17,5 cm
Bobot: 6kg
Garansi: 1 tahun
Situs Web: www.nucleom.com
Harga kisaran*: US$ 365
*Diperoleh dari www.nucleom.com

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.