Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tahun Depan, Benq Bikin Smartphone dan Netbook Pakai Android

Kompas.com - 04/06/2009, 22:49 WIB

TAIPEI, KOMPAS.com - Tak mau kalah dengan para pesiangnya, Benq juga akan mengeluarkan smartphone dan netbook dengan platform Android besutan Google. Produk buatan Benq berisi Android bakal dikeluarkan mulai tahun depan.

Selama ini Benq menjual netbook dengan nama Joybook Lite yang bekerja dengan sistem operasi Windows XP. Produk smartphonenya menggunakan Symbian sedangkan mobile Internet devices dengan Linux. Beberapa tahun lalu, Benq juga masuk bisnis ponsel dengan membeli Siemens namun bangkrut karena gagal mempertahankan pangsa pasar.

Kedua produk Benq yang akan dilengkapi Android kini masih dikembangkan. Kabarnya nama untuk kedua jenis produk tersebut juga akan disiapkan khusus bukan lagi dengan merek yang selama ini dijual Benq.

Sejumlah laptop mini yang menggunakan Android banyak dipamerkan di ajang Computex, Taiwan saat ini. Umumnya berupa prototipe yang menggunakan platform prosesor buatan Arm Holdings yang didukung chipset buatan Qualcomm, Texas Instuments, atau Freescale Semiconductor.

Namun, Acer sudah memamerkan Android di Aspire One, jenis netbook yang sudah tersedia di pasar. Acer berencana menjual netbook dengan Android pada kuartal ketiga tahun ini.

Selain Acer dan Benq, beberapa vendor sudah memastikan akan membuat laptop mini dengan Android. Misalnya, ECS dan Asus.(PCWorld)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com