Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengen Duit? Ayo Bikin Konten Buat Nokia

Kompas.com - 08/06/2009, 18:20 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kehadiran OVI Store tak hanya menyediakan layanan download berbagai aplikasi untuk dijalankan di ponsel Nokia. OVI Store juga menyediakan peluang bisnis kepada publik untuk mengembangkan konten-konten baru.

"Selain benefit experience bagi pengguna ponsel Nokia, OVI Store juga memberi kesempatan kepada content provider atau developer untuk membuat konten untuk ponsel Nokia," ujar Haryati Lawidjaja, Software and Services Manager Nokia Indonesia saat peluncuran Nokia N97 di Jakarta, Senin (8/6).

Ia mengatakan OVI Store menyediakan channel untuk diakses sekitar 200 juta pengguna ponsel Nokia di seluruh dunia. Potensi pasar tersebut adalah para pengguna ponsel Nokia yang sudah menggunakan sistem operasi Symbian S40 dan S60.

"Revenue sharing untuk developer atau content provider mencapai 70 persen," jelasnya. Sistem pembayarannya akan dilakukan melalui mobile billing menggunakan kartu kredit. Bahkan, kata Haryati, apabila konten yang dibuat dapat dipasarkan secara global ada kemungkinan untuk melakukan co-promotion.

Tentu saja revenue sharing hanya dapat diperoleh dari konten-konten berbayar. Selain konten berbayar, Nokia juga memberi kesempatan kepada publik untuk menawarkan konten gratis.

Calon pengembang atau content provider dapat mendaftar dan mengunduh standard kit development melalui situs OVI Store. Selanjutnya, konten hasil buatannya dapat langsung diunduh secara online.

"Kita sudah siapkan tim untuk menyaring konten-konten tersebut apakah nantinya hanya akan tersedia di Indonesia atau ke global," jelas Haryati.  Ia mengatakan, saat ini sudah ada 40 konten untuk Indonesia dan semuanya gratis. Kebanyakan masih buatan luar seperti Facebook, Twitter, Friendster, Reuters, Bloomberg, AP. Aplikasi lokal pertama yang sudah tersedia antara lain Kompas.com.

Ia mengatakan saat ini pihaknya sedang mengajak kerja sama sejumlah pengembang konten untuk menambah aplikasi yang ditawarkan baik gratis maupun berbayar. Penyedia konten yang tertarik dengan model bisnis ini dapat mengunjungi publish.ovi.com

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com