Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BlackBerry Untung Besar di Pasar Konsumer

Kompas.com - 19/06/2009, 15:47 WIB

TORONTO, KOMPAS.com - Research In Motion (RIM) Kanada mencatat kenaikan laba sebesar 33 persen di kuartal pertama 2009. Hal tersebut dipicu meningkatnya penjualan BlackBerry dan kenaikan pangsa pasar smartphone yang mulai masuk ke pasar konsumer.

RIM menyatakan bahwa perusahaannya mengantongi 643 juta dollar AS atau 1,12 dollar AS per saham sepanjang kuartal pertama yang berakhir 30 Mei 2009. Bandingkan dengan periode yang sama tahun lalu yang hanya menggaet 482,5 juta dollar AS atau 84 sen per saham.

Pada kuartal pertama 2009 pendapatan RIM naik 53 persen menjadi 3,42 miliar dollar AS. Sementara itu, untuk pendapatan bersih, diperhitungkan bakal mencapai 564,4 juta dollar AS atau setara dengan 98 sen per saham pada periode berjalan. Hal tersebut dipicu penjualan BlackBerry di pasar konsumer yang tumbuh pesat.

"Delapan puluh persen pelanggan BlackBerry baru merupakan konsumen non korporat," kata Jim Balsille, CEO RIM yang berbasisi di Waterloo, Ontario, Kanada. Perusahaan tersebut memang saat ini membidik pasar konsumer setelah sukses menggarap pasar korporat selama beberapa tahun.

RIM menambah 3,8 juta pengguna Blackberry baru selama kuartal pertama sehingga saat ini jumlah pelanggannya sekitar 28,5 juta. Namun, kenaikan jumlah pelanggan baru ini turun dibandingkan kuartal sebelumnya yang mencapai 3,9 juta pelanggan. Di kuartal kedua, RIM menetapkan target untuk menambah pelanggan 3,8-4,1 juta pelanggan baru.(KONTAN/Femi Adi Soempeno)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com