Samsung E2510: Ponsel Kantoran Multimedia Harga Sejutaan

Kompas.com - 03/07/2009, 08:02 WIB
Editor

Satu hal yang menggoda Sinyal ketika menyambangi ponsel bergaya tangkupan ini adalah model fisiknya yang tampak elegan. Tentunya ini menjadi bagian menarik sebab tidak banyak pilihan ponsel bergaya kantoran yang ditawarkan untuk kelas menengah-bawah.

Bentuk tubuhnya tidak neko-neko, sebelum tangkupan dibuka E2510 tampak sederhana karena fisiknya yang cuma dibuat mengkotak. Sepertiga muka luar dipoles hitam metalik yang diteruskan teknik garis-garis di bawahnya. Sementara sekujur bodi sampingnya dipolah dengan aksen silver guna menutup kesan kaku. Dengan variasi tersebut Anda bisa menyimpulkan bahwa E2510 ini bermaksud untuk memunculkan aura elegan meski memang tidak begitu terlihat premium.

Salah satu faktor yang tidak boleh terlewatkan pada ponsel ini adalah tidak adanya layar atau indikator di panel luar. Tentu saja ini menjadi minus yang cukup besar karena Anda harus membuka flip secara berkala jika ingin mengecek miscall atau SMS masuk.

Menyoal desain fisik, seperti ponsel bermotif clamshell pada umumnya, E2510 harus rela dengan dimensi yang agak tebal (17 mm). Ketika dipegang, ponsel buatan Korea Selatan ini memang begitu mantap pada genggaman, tapi menjadi terasa bongsor saat diselipkan pada kantong kemeja karena cukup menonjol.

Sekujur casing bagian dalamnya masih didominasi warna hitam, tombol-tombol angka akan langsung menyala mengikuti tangkupan yang terbuka. Sementara jemari jempol Anda akan dibuat manja ketika mengetik sms karena bahannya yang terbuat dari karet terasa empuk dengan ukuran yang cukup lapang.

Di atas angka-angka berderet banyak tombol, seperti: panggilan, clear dan D-Pad. Ada pula tombol radio dan kamera yang hadir di sisi kanan-kiri, sedangkan pintasan untuk menelusur web diletakan pada tengah-tengah D-Pad. Sayangnya tombol-tombol ini tidak senyaman pada angka, selain karena modelnya yang mendatar jarak antar tombolnya tidak dipisahkan parit sehingga cukup riskan terjadi salah pencet.

Tentunya kenyamanan fisik ini akan menjadi sempurna apabila disokong sistem perangkat lunak yang mumpuni. Untuk urusan ini Samsung memperlihatkan kapasitasnya sebagai salah satu raksasa perangkat genggam. Meski layarnya masih 65 ribu warna antarmuka E2510 terlihat cukup terang dengan animasi saat menutup atau membuka menu.

Dengan memposisikan sebagai ponsel bergaya elegan, E2510 akan terlihat pas bila ditenteng oleh mereka yang berprofesi kantoran. Guna menyokong keperluan kerja ini E2510 melengkapi fungsi bisnisnya dengan menyediakan fitur email yang sudah mendukung protokol POP3, IMAP4 dan SMTP.

Ketika dicoba mengaktifkan layanan e-mail seperti Gmail, E2510 ternyata dapat menjalankan tugasnya dengan lancar. Untuk memudahkan aktivasi e-mail, E2510 menyediakan sebuah wizzard dengan langkah-langkah yang mudah dicerna. Apabila kurang mengerti dengan bahasa Inggris Anda bisa memilih opsi bahasa Indonesia atau bahasa Jawa melalui Pengaturan.

Sementara fasilitas hiburan pada Samsung E2510 bisa dinikmati melalui fitur musik, radio FM dan kamera sebesar VGA (640x480 piksel). Yang menarik perhatian Sinyal, speaker-nya diletakkan di bawah tangkup, tepatnya di atas layar. Anda tidak perlu khawatir karena output suaranya masih terdengar lantang sekalipun flip tertutup.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X