Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Dia Perangkat Berplatform Linux Andalan Nokia

Kompas.com - 01/09/2009, 21:48 WIB

ESPOO, KOMPAS.com - Nokia kembali membocorkan produk flagship barunya yang mengandalkan platform Linux yakni internet tablet N900. Perangkat yang menggunakan Linux Maemo itu akan tersedia mulai Oktober 2009 dengan perkiraan harga 500 Euro atau sekitar Rp 7,25 juta.

Munculnya produk baru andalan Nokia dengan basis Linux sebenarnya sudah menjadi rumor dalam beberapa hari terakhir. Nokia yang selama ini mengandalkan Symbian dalam perangkat ponselnya memang diketahui telah mengembangkan Linux Maemo terutama untuk mendukung perangkat-perangkat internet centric, yang khusus didesain untuk mengakses internet.

"Dengan software Linux, teknologi browser Mozilla, dan sekarang dengan koneksi seluler, Nokia N900 menyediakan pengalaman mobilitas penuh," ujar Anssi Vanjoki, Executive Vice President Markets Nokia dalam siaran persnya. Menurutnya, pemanfaatna Linux akan bisa berjalan seiring dengan platform Symbian dan saling melengkapi lini produk Nokia. Termasuk dengan Windows yang akan dipakai dalam netbook pertama Nokia Booklet 3G yang akan dirilis 2 September.

Nokia N900 bekerja dengan software Maemo versi 5. Prosesor yang digunakan adalah ARM Cortex-A8 dengan dukungan memori 256 MB RAM dan 768 MB virtual memory. Kapasitas hardisk-nya 32 GB dan dapat ditambah sampai 48 GB dengan microSD. Koneksi internet bisa dilakukan melalui modem internal HSPA atau WiFi dan seluler dual band GSM/GPRS/EDGE/3G.

Perangkat ini juga dilengkapi keyboard QWERTY dan layar sentuh. Layarnya mendukung akselerasi grafis 3DOpenGL ES 2.0 dan Adobe Flash 9.4 untuk menjalankan animasi. Perangkat ini juga sudah dilengkapi kamera 5MP dengan lensa Carl Zeiss dan Assisted GPS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com