Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

RIM Sediakan Widget SDK untuk Platform OS BlackBerry 5.0

Kompas.com - 08/10/2009, 16:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Research In Motion (RIM) mengumumkan BlackBerry Widget Software Development Kit (SDK) untuk platform OS BlackBerry 5.0. Dengan BlackBerry Widget SDK baru ini, pengembang dapat membuat aplikasi berbasis web untuk smartphone BlackBerry dengan fitur dan fungsionalitas penuh yang sebelumnya hanya tersedia untuk aplikasi BlackBerry yang ditulis dengan bahasa pemrograman Java.

BlackBerry Widget menggunakan mesin browser BlackBerry untuk render aplikasi yang menggunakan user interfaceHTML, CSS, dan JavaScript. Para pengembang dapat menggunakan konten web yang sudah ada untuk membuat BlackBerry Widget dan memperluas kemampuan dari aplikasi web mereka menggunakan BlackBerry Widget API.

Dengan menggunakan BlackBerry Widget API yang baru, para pengembang dapat, sebagai contoh, membuat interaksi antara sebuah widget dan email BlackBerry serta aplikasi kalender, menghasilkan widget dengan kemampuan untuk melihat dan mengedit file dan dokumen yang tersimpan dalam smartphone, mengakses layanan berbasis lokasi atau media player, dan banyak lagi.

Para pengembang juga dapat memanfaatkan teknologi push RIM yang unik dengan optimal, memungkinkan widget dinamis yang dapat berjalan pada background dan menyediakan alert pro aktif kepada pengguna pada waktu yang ditentukan.

"Kami sangat gembira akan prospek platform pengembangan widget baru ini yang mana mengkombinasikan kemudahan pembuatan bahasa pemrograman web standar dengan fungsionalitas kaya dari pengembangan Java," ucap Alan Brenner, senior vice president, BlackBerry platform di RIM dalam siaran persnya.

BlackBerry Widget dapat dengan mudah didistribusikan over-the-air, melalui BlackBerry App World (www.blackberry.com/appworld) atau melalui BlackBerry Enterprise Server bagi lingkungan korporat. Dukungan untuk BlackBerry Widget akan tersedia di smartphone BlackBerry yang menjalankan BlackBerry OS 5.0,yang akan menyertakan browser BlackBerry canggih dengan dukungan untuk Gears, SQLite dan BlackBerry Widget API baru. Sebuah rilis beta untuk BlackBerry Widget SDK sudah tersedia hari ini di www.blackberry.com/developers/widget.

Pengembang yang berminat mempelajari lebih banyak lagi mengenai pembuatan BlackBerry Widget dianjurkan untuk menghadiri BlackBerry Developer Conference 2009 (www.blackberrydeveloperconference.com),pada tanggal 9-12 November di San Fransisco. Informasi lebih lanjut juga tersedia di BlackBerry Developer Zone (www.blackberry.com/developer).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com