Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BMW Seri 335is untuk Amerika

Kompas.com - 24/01/2010, 10:20 WIB

NEW JERSEY, KOMPAS.com — "Breaking News". Kata tersebut terpampang di bagian pinggir foto BMW coupe berwarna merah yang ditampilkan situs Inside Line, Jumat (22/1/2010) lalu. Disebutkan bahwa BMW telah merilis foto dan informasi mengenai BMW 335is yang akan meramaikan pasar Amerika.

Diberitakan, pabrikan mobil asal Jerman itu telah menampilkan foto-foto BMW 335is dalam dua model, yakni coupe dan konvertibel. Bakal dipamerkan dalam New York Auto Show, Maret, dan bisa dilihat di ruang pamer (showroom) masuk musim semi.

Kedua BMW anyar (coupe dan konvertibel) itu merupakan hasil pengembangan dari Seri 3. Sama-sama mengusung mesin 3,0L inline-6 Twin-Turbocharged yang memiliki tenaga 320 dk dengan torsi 332 pound-feet. Dapur pacu ini sama seperti yang menempel pada seri Z4 sDrive 35is, hanya tenaganya 335 dk.

Dalam wawancara ditanyakan, kenapa dengan spec yang sama, tapi tenaganya berbeda? Pihak pabrikan BMW mengaku tidak bisa membeberkan semua, tapi ada dua pertimbangan utama. Pertama, transmisi manual dengan 6 tingkat percepatan yang ada pada 335is tidak bisa meng-handle torsi yang besar. Kedua, pertimbangan pasar.

Namun, BMW Amerika coba meluruskan, disebutkan soal tenaga yang beda itu karena di negaranya ada pengetatan soal intake. Kemudian, ada sedikit salah komunikasi dalam penafsiran yang diinginkan konsumen Amerika.

Selain dilengkapi transmisi manual 6-speed, BMW punya optional 7-speed duel-clutch manual yang dilengkapi dengan launch control dengan torsi 370 lb-ft. Untuk mesin 335is yang 6-speed, akselerasi 0-92 km per jam ditempuh dalam 5 detik.

Untuk interior, 335is sudah di-upgrade oleh M Sport, seperti setir model M Sport, jok, sandaran kepala, tuas persneling, hingga pedal yang menggunakan bahan stainless steel dengan desain sport. Juga pada mesin, seperti saluran buang yang menganut model free flow dan masih banyak lagi. Beberapa keunggulan teknologi pada seri 3 juga masih ada yang terbawa pada 335is ini.

Mengenai harga, untuk yang coupe dipatok Rp 485 juta, sedangkan yang konvortibel Rp  567 juta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com