Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google Benarkan Serangan Hacker ke YouTube

Kompas.com - 05/07/2010, 09:32 WIB

MOUNTAIN VIEW, KOMPAS.com - Juru bicara Google menyatakan pihaknya menyadari adanya serangan ke YouTube yang dilakukan Minggu (4/7/2010) tepat di Hari Kemerdekaan AS. Serangan tersebut menggunakan teknik XSS (cross-site scripting) yang menyusup melalui fitur untuk menulis komentar.

"Fitur komentar sempat dihilangkan sementara dari halaman selama satu jam dan kami telah mengatasi masalah tersebut dalam waktu dua jam. Kami terus memantau masalah ini untuk mengantisipasi serangan sejenis di masa mendatang," ujar juru bicara Google dalam email yang dilansir PCWorld.  Google memastikan serangan tersebut tidak membahayakan akun pengguna YouTube. Namun, pengguna diminta logout dan dipastikan aman saat login kembali.

Penyerang kelihatannya sentimen terhadap Justin Bieber, penyanyi muda asal Kanada, yang tengah populer di kalangan remaja sekarang. Sebab, yang diincar adalah video-video terkait penyanyi tersebut. Penyerang menyusupkan pesan yang menjelek-jelekkan Bieber yang akan muncul saat video dijalankan. Tak hanya itu, kode tersebut juga langsung mengarahkan pengunjung ke halaman baru berupa situs porno.

Belum ada laporan apakah serangan tersebut juga digunakna untuk menyebarkan malware, software jahat yang bisa menyusup ke komputer. Namun, browser modern yang ada saat ini umumnya bisa mendeteksi model penyebaran malware melalui halaman web. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com