Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berembus Spekulasi Merger Yahoo dan AOL

Kompas.com - 08/12/2010, 10:14 WIB

NEW YORK, KOMPAS.com - Lagi-lagi, kabar merger perusahaan kelas kakap bergulir. Kali ini, AOL Inc, raja konten internet dikabarkan berpotensi merger dengan Yahoo Inc. Kabar ini disampaikan seorang sumber yang mengetahui seputar rencana itu.

Menurut sumber tersebut, rencana masih dalam tahap eksplorasi dan pihak Yahoo belum dihubungi. AOL terus mengeksplorasi pilihan pecah kongsi sejak spin off pada Desember 2009.

Lanjut si empunya berita, saat ini, konglomerat media mengeksplorasi pilihan pemecahan unit di AOL menjadi dua bisnis utama. Bisnis layanan internet akan dijual atau di-spin off ke dalam EarthLink atau United Online. Sementara, bisnis display dan periklanannya kemungkinan merger dengan Yahoo.

Todd Rethemeier, analis Hudson Square Research menyebut, pengabungan Yahoo dan AOL masuk akal dan strategis. Katanya, Yahoo menarik penonton untuk olahraga, keuangan, berita umum dan email, sementara AOL, memiliki kekuatan dalam peta, dan berita hiburan.

Namun, juru bicara Yahoo menolak berkomentar. Tetapi, sumber yang dekat dengan perusahaan menegaskan bahwa perusahaan tidak sedang mencari proposal atau tidak dalam diskusi pembelian dengan AOL.

Tahun ini, Yahoo menargetkan pendapatan (Ebitda) hingga 1,64 miliar dollar AS. Sementara, Rethemeier menyebutkan total pendapatan AOL tahun ini bisa mencapai 2,4 miliar dollar AS.(Kontan/Dupla Kartini)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com