Nokia di Tengah Persimpangan Jalan

Kompas.com - 10/02/2011, 11:38 WIB
EditorTri Wahono

ESPOO, KOMPAS.com - Meski masih menjadi produsen ponsel terbesar dunia, Nokia saat ini bisa dikatakan tengah bimbang di persimpangan jalan. CEO Nokia Stephen Elop dilanda kebimbangan mengenai startegi yang tepat bagi perusahaan yang dipimpinnya untuk bisa bertahan dalam persaingan yang semakin ketat.

Stephen Elop dilaporkan telah mengirim memo kepada seluruh karyawannya mengenai perubahan strategi secara fundamental yang akan dilakukannya. Nokia mungkin tak akan bertahan dengan platform Symbian yang selama ini diagung-agungkannya termasuk MeeGo yang diyakini bakal bisa bersaing ketat dengan platform smartphone lainnya.

"iPhone pertama didistribusikan pada 2007, dan kita masih tidak punya produk yang sebanding. Android datang baru datang dua tahu lalu, dan minggu ini mereka mengambil alih posisi kepemimpinan kita dalam jumlah smartphone. Sungguh tak bisa dipercaya," demikian salah satu kutipan dalam memo yang beredar di sejumlah situs web, Rabu (9/2/2011).

Ia menyebut Nokia saat ini adalah platform yang sedang terbakar (burning platform). Para pesaing berhasil menciptakan inovasi yang jauh di atas perkiraan sebelumnya. Nokia sendiri diakuinya memiliki sumber daya dan terus berinovasi, namun tidak bisa mengimbangi persaingan di pasar. MeeGo, misalnya, diyakini Elop lebih baik daripada platform lainnya, namun sampai tahun ini kemungkinan baru akan digunakan pada satu perangkat saja.

Elop juga menekankan pasar Nokia yang terus digerus oleh pabrikan China dengan ponsel-ponsel murahnya. Ia mengatakan dominasi Nokia di pasar yang selama ini diandalkannya pun terus menurun, seperti di Inggris,  Rusia, Uni Emirat Arab, Jerman, dan Indonesia.

Hal tersebut menguatkan spekulasi bahwa Nokia ada kemungkinan bakal mengadopsi Android atau Windows Phone 7. Apalagi Stephen Elop adalah bekas eksekutif Microsoft sebelum direkrut Nokia tahun lalu. Tidak ada konfirmasi resmi dari Nokia mengenai kebenaran memo tersebut. Namun, sejumlah sumber meyakinkan bahwa memo tersebut ditampilkan di sistem IT karyawan Nokia. Penjelasan langsung Stephen Elop bakal ditunggu-tunggu, Jumat minggu ini, saat Nokia mengumumkan laporan keuangan dan strateginya di London, Inggris. Mau dibawa ke mana Nokia?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.