Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kwetiau Kerang Singapore di Teluk Betung

Kompas.com - 13/07/2011, 15:39 WIB

KOMPAS.com - Masakan kwetiau banyak kita temui di Jakarta, dari yang tendaan pinggir jalan sampai kelas restoran. Masakan ala Chinese ini memang sudah umum di lidah kita. Ada yang digoreng, ada yang kuah, sampai yang disiram daging sapi juga ada.

Salah satu kwetiau kesukaan saya adalah Kwetiau Akang yang di Jalan Gajah Mada, di seberang Mal Lindateves. Kwetiau di Easton Restaurant juga enak banget. Tapi kali ini saya ingin mengajak anda mencoba yang sedikit berbeda, yaitu Kwetiau Kerang Singapore.

Yup, menggunakan Kerang, bukan daging sapi seperti pada umumnya. Ho-ho... asyik kan kedengarannya. Siang itu kami sengaja meluncur ke daerah Menteng, Jakarta Pusat, tepatnya menuju restoran Singapore yang ada di Jalan Teluk Betung no 28.  Sebuah restoran yang cukup berkelas menurut saya, didalamnya luas, bersih banget, dan di tata sangat rapih dan apik. Pelayanannya pun sangat cekatan. Manu yang ditawarkan di sini adalah Chinese Food dan Seafood, tapi memang yang terkenal dari resto ini adalah Kwetiau Kerangnya.

Saya mendapatkan rekomendasi soal kwetiau kerang ini dari seorang teman, katanya kwetiau kerang di sini enak banget. Saya pun langsung pesan seporsi Kwetiau Kerang Singapore dan Es Solo yang tampak menggiurkan itu. Sembari menunggu pesanan kami datang, kami disuguhi sepiring kecil acar timun yang enak banget. Fresh timunnya, dan rasa asam manisnya juga pas banget.

Nah datang juga si Kwetiau Kerang-nya. Kwetiau-nya berukuran sedang tidak terlalu besar-besar juga. Kemudian pastinya ada kerang, ada irisan baso ikan juga, udang, tauge, telor, dan irisan kucai. Aromanya sedap banget ... aroma kucainya membuat si kwetiau kerang ini menjadi lebih sedap, tidak hanya aromanya, rasanya pun sangat sedap. Kerangnya juga lumayan banyak, tidak pelit. Udangnya sudah dipotong ekornya jadi lebih mudah untuk di santap, nah ini yang bener karena saya tidak suka kalau makan kwetiau atau capcay dengan udang yang masih ada ekornya. Kalau begini kan jadi lebih mudah untuk di santap.

Perpaduan kerang, baso ikan, udang dan kucai...., antap banget. Meskipun ada kerangnya, rasanya tidak amis lho. I like it. Penasaran dengan rasanya? Datang saja ke Singapore Restaurant yang ada di jalan Teluk Betung, Menteng.

O iya Es Solo-nya juga enak lho, ada biji salak, ketan hitem, cingacu hitam, kolang kaling, cendol, tape, bubur sumsum... semua dijadikan satu kemudian diberi santan, dan es serut dan sebagai topping terakhir diberi gula merah cair. Yummmmy banget! (Ita)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com