Filantrofi

Bill Gates Kembali Jual Saham untuk Kegiatan Amal

Kompas.com - 01/08/2011, 23:30 WIB
EditorTri Wahono

KOMPAS.com — Pendiri Microsoft yang telah menjadi salah satu orang terkaya di dunia, Bill Gates, menjual lima juta lembar sahamnya di Microsoft pada 27 Juli 2011 lalu. Gates menjual saham dengan harga masing-masing 27,59 dollar AS per lembar saham.

Bill Gates memang telah mundur dari kegiatan operasional di Microsoft sejak tahun 2008 untuk berkonsentrasi pada kegiatan amal lewat Yayasan Bill and Melinda Gates yang didirikan bersama istrinya. Dalam 12 bulan terakhir, ia telah menjual 90 juta lembar sahamnya di perusahaan perangkat lunak tersebut untuk tujuan amal. Meski demikian, Gates masih memiliki sekitar 500 juta lembar sahamnya di Microsoft.

Hasil penjualan saham selama ini digunakan Gates untuk kegiatan amalnya. Minggu ini, Gates dan Melinda akan mengalokasikan 42 juta dollar AS untuk membangun toilet flush di delapan perguruan tinggi dan di beberapa tempat di dunia untuk meningkatkan kesehatan masyarakat.

Gates juga mendukung penelitian dalam meningkatkan pendidikan. "Setiap siswa membutuhkan pendidikan tinggi untuk mendapatkan pekerjaan," ungkap Gates dalam pidatonya di Amerika Serikat, minggu lalu. Ia menyebut pendidikan sebagai jawaban untuk memperoleh pekerjaan di AS dan untuk mengurangi kemiskinan.

Majalah Forbes memperkirakan kekayaan Gates mencapai 56 miliar dollar AS atau sekitar Rp 500 triliun. Gates kini memang bukan orang pertama terkaya di dunia, masih di bawah kekayaan Carlos Slim, pengusaha telekomunikasi.

Gates dan teman lamanya, Warren Buffett, telah berjanji untuk memberikan sebagian besar kekayaan mereka untuk amal sebelum kematian mereka. Mereka juga telah meyakinkan sejumlah miliarder lainnya, termasuk pendiri Facebook, Mark Zuckerberg, untuk mengikuti langkah amal ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.