Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pabrik Pembuat PlayBook PHK 1.000 Karyawan

Kompas.com - 22/09/2011, 10:53 WIB

TAIPEI, KOMPAS.com — Perusahaan Taiwan, Quanta Computer, salah satu manufaktur komputer terbesar di dunia, mengumumkan rencana untuk mengurangi 1.000 karyawannya dari sebuah pabrik di Linkou, bagian utara negara pulau tersebut. Pabrik tersebut baru dibuka lagi beberapa bulan lalu untuk memenuhi naiknya permintaan vendor hardware, khususnya tablet.

"Mereka ditawari paket kompensasi yang besar jika mau pensiun dini secara sukarela," kata juru bicara perusahaan, Rabu (21/9/2011). Pabrik di Taiwan hanya fasilitas kecil yang dimilik Quanta. Semua pabriknya sebelumnya di China dengan total karyawan 65.000 orang.

Pabrik di Taiwan sudah beberapa tahun tutup karena ongkos buruh yang jauh lebih murah di China. Namun, pabrik tersebut diaktifkan kembali pada awal 2011 untuk mengantisipasi permintaan pasar. Salah satunya, permintaan produksi tablet PlayBook dari konsumen besarnya Research In Motion (RIM).

Media lokal Taiwan, Rabu, menyebut kalau pengurangan karyawan hingga setengahnya di Taiwan tersebut karena penjualan tablet BlackBerry PlayBook lesu. RIM hanya berhasil menjual 200.000 unit pada kuartal II-2011 jauh lebih kecil daripada perkiraan para analis yang mencapai 700.000 unit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com