Inilah Penyebab Pengiriman BBM Lamban

Kompas.com - 12/10/2011, 06:32 WIB
EditorTri Wahono

JAKARTA, KOMPAS.com - Beberapa hari terakhir, sejumlah pengguna BlackBerry mengeluhkan lambatnya pengiriman pesan BlackBerry Messenger (BBM). Pesan yang dikirim terpaksa menunggu waktu lebih lama dari biasanya hingga muncul tanda D yang berarti telah terkirim dan R yang menunjukkan pesna telah dibaca penerima.

Masalah tersebut ternyata bukan hanya terjadi di Indonesia bahkan untuk pengguna operator tertentu. Bahkan, operator sendiri mungkin tidak tahu harus berbuat apa untuk mengatasi masalah tersebut. Alasannya, sumber masalah ada di pihak Research In Motion (RIM) selalu penyedia layanan BlackBerry.

"Keterlambatan (delay) pengiriman pesan disebabkan oleh masalah pada salah satu core switch di infrastruktur RIM. Saat ini sedang berusaha diatasi. Maaf untuk ketidaknyamanan ini," demikian informasi yang dilansir Twitter resmi RIM @BlackBerryHelp, Rabu (12/10/2011) pagi.

Tidak hanya masalah keterlambatan pesan pada layanan BBM. RIM juga melaporkan bahwa masalah tersebut menyebabkan layanan browsing internet di sejumlah wilayah sering gagal, email tidak terkirim, serta masalah pengiriman pesan di layanan instant messaging. Hari kemarin, Selasa, bahkan layanan Blackberry sampai down di tiga benua yakni Eropa, Timur Tengah, dan Afrika karena masalah tersebut.

Masalah pengiriman pesan di BlackBerry juga disebut-sebut sejumlah orang di Twitter karena dampak proses pemindahan simpul koneksi dari Kanada ke kawasan Asia Pasifik. RIM sebelumnya menyatakan tengah membangun infrastruktur penghubung di wilayah Asia Pasifik untuk meningkatkan kualitas layanannya. Namun, tidak disebutkan di mana RIM membangun insfrastruktur tersebut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.