Axis Tambah 1000 BTS demi "Internet untuk Rakyat"

Kompas.com - 24/10/2011, 17:46 WIB
EditorReza Wahyudi

JAKARTA, KOMPAS.com – Axis, operator GSM nasional, kini menghadirkan akses Internet untuk semua kalangan masyarakat Indonesia pengguna ponsel, selain BlackBerry. Layanan tersebut bernama “Internet untuk Rakyat”.

Untuk mendukung layanan ini, Axis sedang membangun 5.000 BTS baru, hasil kerja sama dengan Huawei. Pada akhir tahun 2012, Axis juga berencana menambah 1.000 BTS, hasil kerja sama dengan Ericsson.

“Nilai investasi dengan Ericsson sebesar 60 juta dollar AS, sedangkan nilai investasi dengan Huawei sebesar 500 juta dollar AS. Total BTS yang akan kami bangun adalah 6.000 BTS di seluruh Indonesia,” ujar Syakieb Ahmad Sungkar, Direktur Sales Axis, saat jumpa pers peluncuran ‘Internet Untuk Rakyat’ di Menara Axis, Lingkar Mega Kuningan, Jakarta, Senin (24/10/2011).

Axis ingin mengembangkan layanan akses Internet karena 20 persen dari 16 juta pelanggan Axis telah menggunakan Internet pada ponsel mereka. Selain itu, sebanyak 140.000 pelanggan Axis merupakan pelanggan akses Internet untuk BlackBerry. Layanan akses Internet juga telah menghasilkan revenue sebesar 30 persen dari total keseluruhan revenue Axis. Maka, layanan ‘Internet untuk Rakyat’ dikembangkan Axis untuk merangkul pengguna ponsel selain BlackBerry.

“Kami yakin, Internet untuk Rakyat berguna bagi seluruh lapisan masyarakat, karena Internet dibutuhkan tidak hanya oleh pengguna BlackBerry. Semua pengguna ponsel juga bisa menggunakan Internet untuk mencari informasi termasuk membaca berita online, mengirim dan menerima e-mail, dan akses ke jejaring sosial,” ujar Daniel Horan, Chief Marketing Officer Axis, yang juga hadir dalam jumpa pers.

Program “Internet untuk Rakyat” sendiri merupakan layanan Internet dengan tarif Rp 2 per kilobyte dan setelah pemakaian sebesar Rp 3.500 setiap harinya, pelanggan Axis dapat menikmati akses Internet unlimited secara gratis. Tarif ini berlaku di wilayah Jabodetabek, Jawa, Sumatera bagian Utara, Bali, dan Lombok. Bagi pelanggan Axis di wilayah lain, dapat menggunakan layanan dengan tarif Rp 2 per kilobyte.

Speed yang kami berikan dari layanan ini sebesar 364 kbps dan bisa mencapai 2 Mbps jika network dalam kondisi kosong,” tambah Syakieb.

Terkait dengan layanan Internet, Axis telah membangun layanan mobile broadband dan telah diluncurkan di Bandung pada awal Juni 2011. Tahun ini, Axis berencana melanjutkan pembangunan mobile broadband ke kota-kota besar lainnya.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X