Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Setelah Tablet, Amazon Mau Bikin Ponsel Juga?

Kompas.com - 18/11/2011, 13:35 WIB

KOMPAS.com - Setelah cukup sukses di e-reader, dan kini merambah Tablet, Amazon dikabarkan akan membuat smartphone juga. Spekulasi itu disampaikan analis Citigroup Mark Mahaney berdasarkan informasi dari jaringan pemasok di Asia.

Kabarnya, ponsel Amazon itu akan hadir pada Kuartal IV-2012. Pengembangannya saat ini dibantu oleh FoxConn, pemanufaktur yang memproduksi perangkat iPad dan iPhone untuk Apple.

Meski dibantu FoxConn, dikabarkan Amazon tak akan melakukan produksi massal di sana. Mereka akan menggaet Hon Hai, melalui grup TMS, untuk membuat ponsel ini nantinya. Ini adalah pemanufaktur yang sama untuk Kindle dan Kindle Fire.

Menurut Mark, smartphone Amazon itu bakal menggunakan chip Qualcomm untuk komunikasi dual mode seperti yang digunakan iPhone 4S. "Kami percaya, smartphone tersebut akan memakai prosesor Texas Instrument OMAP 4," sebut Mark Mahaney seperti dikutip AllThingsD.

Soal sistem operasinya memang tak diprediksi dengan blak-blakan. Namun petunjuknya adalah bahwa Amazon akan membayar royalti ke Microsoft. Apakah ini berarti Windows Phone atau justru Android? Karena beberapa vendor toh saat ini membayar royalti ke Microsoft atas penggunaan Android di perangkat mereka.

Soal harganya, Mahaney berani memprediksi perangkat itu akan menelan biaya 150-170 dollar AS per unit. Harga jualnya diperkirakan tak akan jauh dari itu, bahkan bisa lebih murah jika berani 'jual rugi' demi mendapatkan pelanggan.

Nah, bagaimana dengan namanya? Hal ini, Mahaney memang tak berspekulasi. Tapi melihat tren perangkat dari Amazon, ada kemungkinan namanya akan menyangkut merek Kindle. Akankah bernama Kindle Phone?

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com