Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Detail Pengamanan Obama Ditemukan di Selokan

Kompas.com - 22/11/2011, 01:49 WIB

CANBERRA, KOMPAS.com — Para pejabat Australia, Senin (21/11/2011), sedang menyelidiki bagaimana surat-surat penting yang berisi perincian rencana kunjungan Presiden AS Barack Obama baru-baru ini ke Australia bisa ditemukan di selokan.

Booklet setebal 125 halaman tersebut, yang diklasifikasikan sebagai "Rahasia" dan berisi nomor telepon serta perincian kontak personel senior Australia dan AS, ditemukan di dekat gedung parlemen pada Kamis (17/11/2011) oleh Dyland Welch, seorang wartawan The Age.

"Kejadian tersebut saat ini sedang diselidiki," kata juru bicara Jaksa Agung Robert McClelland kepada AFP, yang dipantau Antara di Jakarta, Senin (21/11/2011) malam.

"Sejalan dengan praktik lama, Pemerintah Australia tak mengomentari masalah keamanan," ia menambahkan.

Sebagian besar panduan tersebut berisi jadwal menit-demi-menit gerakan Obama selama kunjungan 27 jamnya ke Canberra dan Darwin pekan lalu. Dokumen itu bahkan merinci pintu yang akan ia gunakan dan pengaturan kursi di dalam rombongannya.

Dokumen tersebut juga menetapkan penugasan pasti perincian personel dinas keamanannya dan pengaturan iring-iringan kendaraan, termasuk ambulans Obama, tim kontra-serangan, komunikasi, dan intelijen, kata Welch.

Pada sampul buku itu ditulis "tak boleh dikomunikasikan baik secara langsung ataupun tidak dengan siapa pun yang tak berwenang menerimanya", kata Welch.

Dokumen tersebut juga menyebutkan seorang anggota yang telah lama bertugas bagi perlindungan Obama. Welch menyatakan, ia telah menemukan buku itu di satu selokan sekitar 100 meter dari gedung parlemen pada Kamis pagi.

Selama kunjungannya ke Australia, Obama berpidato dalam pertemuan bersama dengan anggota parlemen di negeri tersebut pada Kamis pagi, sebelum bertolak menuju ke Darwin untuk bertemu dengan tentara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com