Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Delapan Media "Kompas Gramedia" Hadir di Tablet Toshiba

Kompas.com - 08/12/2011, 16:54 WIB

TOKYO, KOMPAS.com - Untuk pertama kali dalam sejarah Toshiba khususnya di Asia, menggandeng media di Indonesia, meluncurkan pertama kali pula tablet-nya tipe Regza Tablet AT1S0 yang akan menampilkan delapan media terbitan Kompas Gramedia Group.

“Delapan isi media yang diterbitkan oleh Kompas Gramedia Group itu hanya bisa dilihat dari tablet Toshiba saja. Pakai tablet atau media lain tidak bisa karena setting-nya demikian. Inilah kerjasama kita dengan kelompok media di Indonesia itu,” papar Masaaki Osumi, President dan CEO Toshiba Corporation Digital Products & Services Company, khusus kepada Kompas sore ini (8/12/2011) di Kantor Pusat Toshiba di Tokyo.

Toshiba berencana bisa menjual tablet tersebut di Indonesia sekitar 10.000 buah dalam kurun waktu setahun ini. Sebagai catatan, secara keseluruhan Toshiba menargetkan penjualan di dunia sebanyak satu juta tablet sampai dengan 31 Maret tahun depan, “Sebanyak 99 persen saya rasa terjual di negara-negara barat seperti Amerika Serikat dan Eropa mungkin.”

Selain dengan Kompas Gramedia Group, Toshiba mulai tahun depan sekitar April juga akan menjalin kerjasama dengan media online di Vietnam dan di India. Saat ini menurutnya Toshiba masih dalam tahap negosiasi dan penjajakan lebih lanjut, belum ada keputusan apa pun.

Sedangkan terhadap media online lain di Indonesia, Toshiba, tekan Osumi, tidak menutup kemungkinan kerjasama pula dengan kelompok lain, selain kelompok Kompas Gramedia.

Pada intinya Toshiba berusaha untuk meningkatkan penjualan sebanyak mungkin di Indonesia karena jumlah populasi yang terbanyak keempat di dunia, “Televisi LCD kami sudah terbesar kedua di Indonesia. Sudah saatnya untuk tablet pun mudah-mudahan bisa terjual dengan lebih baik lagi meskipun dicanangkan dengan harga cukup mahal karena itu memang sistem pemberian harga produk kita. Mulai dengan harga yang tiggi,” tekannya.

Tablet Toshiba ukuran 7 inci yang menggunakan sistem operasi Android 3.1 itu diharapkan dapat menarik kalangan muda masyarakat di Indonesia dalam mengakses berbagai berita terutama mengenai makanan, fashion, wanita dan sebagainya.

Delapan media yang terkait dan dapat diakses lewat Tablet Toshiba adalah Sajian Sedap, Nova, Intisari, Sinyal, Dunia Soccer, CHIC, IDEA dan Gramedia Lite.

Toshiba tidak ada rencana untuk membuka pabrik Tablet nya di Indonesia, tekan Osumi lagi. (Richard Susilo

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com