Urbanesia dan Kompas.com, Berawal dari "Chemistry" yang Pas

Kompas.com - 17/01/2012, 15:07 WIB

KOMPAS.com - PT Kompas Cyber Media, induk perusahaan Kompas.com, menjalin aliansi strategis dengan situs web lifestyle city directory, Urbanesia.com. Aliansi tersebut berupa investasi jangka panjang dan integrasi bisnis serta layanan yang bersifat saling menguntungkan.

Aliansi ini pun menjadikan Kompas.com sebagai pemegang saham terbesar dari Urbanesia. Pembelian saham tentu berhubungan dengan uang. Berapa nilai investasi yang harus dikeluarkan oleh Kompas.com untuk mengakuisisi Urbanesia.com?

"Kami tidak bisa menyebutkan besar nilai investasinya. Yang jelas nvestasi tersebut berbentuk pembelian saham mayoritas dan investasi untuk biaya operasional dan pengembangan bisnis. Kami lebih suka menyebutnya aliansi strategis karena Urbanesia (PT Ayoklik) tetap dijalankan oleh tim dan pimpinan yang sama, yaitu Selina Limman sebagai CEO dan Batista Harahap sebagai CIO," kata Edi Taslim, Vice Director PT Kompas Cyber Media.

Keputusan Kompas.com untuk melakukan aliansi strategis dengan Urbanesia karena tertarik dengan potensi bisnis yang dimiliki Urbanesia. Selain itu faktor tim juga berperan penting. "Hubungan yang terjalin selama ini antara Kompas.com & Urbanesia berjalan dengan baik. Kami menemukan chemistry yang pas, sehingga kami berpikir untuk bersama-sama mengembangkan bisnis dalam jangka panjang," tambahnya.

Dengan aliansi strategis ini, Kompas.com pun berharap portal berita mereka  akan lebih "segar" dengan konten-konten Urbanesia yang bermain di ranah lifestyle.

Tentu saja kehadiran Urbanesia.com akan menyegarkan portal berita Kompas.com. Urbanesia bermain di ranah lifestyle, juga memiliki unsur-unsur fun, jelas Edi saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (17/1/2012).

Langkah selanjutnya, tim dari Kompas.com, seperti dari divisi TI, Sales, dan Marketing akan membantu tim Urbanesia. Untuk jangka panjang, Kompas.com akan memperbaiki layanan product content Urbanesia, mendukung budget operasional, juga mengembangkan aplikasi Urbanesia untuk melengkapi layanan yang disediakan Kompas.com.

Kompas.com akan membangun premium profil di Urbanesia, juga menambahkan layanan Kompas,com dengan layanan yang ditawarkan Urbanesia.

“Urbanesia.com akan menjadi bagian dari strategi global Kompas.com di industri digital Indonesia, bersama dengan Kompasiana.com dan produk web lainnya di jaringan Kompas.com.” tutupnya.

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


EditorReza Wahyudi
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X