Pujian dan Kritik untuk Android dari Pendiri Apple

Kompas.com - 18/01/2012, 14:01 WIB
EditorWicaksono Surya Hidayat

KOMPAS.com — Steve Wozniak yang bersama Steve Jobs mendirikan perusahaan Apple mengakui bahwa ada beberapa hal dari Android yang lebih unggul daripada iPhone. Ia pun mengakui, Android telah mengalami kemajuan pesat hingga mampu mendekati kecanggihan iPhone.

Wozniak masih beranggapan bahwa iPhone dari Apple adalah smartphone terbaik jika dinilai secara keseluruhan. "Smartphone utama saya adalah iPhone. Saya suka keindahannya, tetapi saya berharap iPhone dapat melakukan segala hal yang dilakukan smartphone Android saya," ujar Wozniak.

Menurut Wozniak, fitur perintah suara yang ada di Android lebih responsif dibandingkan Siri yang ada di iPhone. "Tingkat keberhasilan ketika menggunakan perintah suara di Android lebih besar ketimbang menggunakan Siri," tuturnya.

Begitu pula fitur navigasi GPS Android yang dinilai Wozniak lebih baik ketimbang iPhone.

Wozniak, yang menggunakan smartphone Motorola Razr Droid, melontarkan sedikit kritik mengenai Android. Baginya, Android terlalu rumit jika dibandingkan dengan iPhone.

"iPhone adalah smartphone yang sederhana dalam hal penggunaan. Anda dapat melakukan apa saja yang Anda inginkan," kata Wozniak.

Karena itulah, pria kelahiran 11 Agustus 1950 ini tetap merekomendasikan iPhone sebagai smartphone terbaik.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.