Setiap Hari, 4 Miliar Video Ditonton di YouTube

Kompas.com - 25/01/2012, 09:46 WIB
EditorReza Wahyudi

KOMPAS.com - Sebanyak 4 miliar video ditonton setiap harinya di situs video sharing YouTube. Menurut Google, sebagai empunya YouTube, jumlah ini meningkat 25 persen dalam kurun waktu 8 bulan terakhir.

Lonjakan kunjungan ini terjadi setelah Google merilis situs YouTube yang dirancang khusus untuk smartphone dan televisi.

Lonjakan juga terjadi di sisi jumlah video. Menurut Google, sekitar 60 jam video diunggah ke YouTube setiap menitnya. Padahal, pada Mei 2011 lalu, hanya sekitar 48 jam video yang diunggah setiap menitnya.

Kendati demikian, sebagian besar dari 4 miliar video yang ditonton ini, belum dapat memberi pemasukan keuntungan yang berarti untuk YouTube. Pihak Google menyatakan, hanya 3 miliar video per minggu saja, yang menghasilkan uang untuk Google.

Bisnis iklan display yang banyak diintegrasikan pada video-video di YouTube, masih menjadi andalan YouTube untuk mencari keuntungan. Pendapat dari iklan display ini mencapai 5 miliar dollar AS.

Google membeli YouTube pada 2006, dengan harga 1,65 miliar dollar AS. YouTube menjadi salah satu alternatif bisnis Google untuk mencari keuntungan di luar bisnis mesin pencari mereka.



Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X