E-COMMERCE

e-Commerce

"XL Tunai" Bidik 300 Ribu Pelanggan

Kompas.com - 01/02/2012, 02:45 WIB
|
EditorLatief

JAKARTA, KOMPAS.com - Operator seluler XL mulai merambah dunia e-commerce bagi para konsumen online shopping melalui program XL Tunai yang sudah berjalan sejak Maret 2011. Tahun ini XL menargetkan jumlah pelanggan XL Tunai mencapai 300.000 pelanggan.

"Untuk saat ini kami sudah memiliki 4000-5000 pelanggan aktif XL yang telah memanfaatkan sarana pembayaran XL Tunai," ujar Direktur Teknologi Cotent & New Business XL, Dian Siswarini, Selasa (31/1/2012), di Menara Prima, Jakarta.

Adapun XL Tunai adalah e-money dengan sistem server-based, di mana nilai uang pelanggan tersimpan di server yang berada di XL. Dengan layanan ini, konsumen tidak perlu lagi membayar produk yang dibutuhkan melalui mesin ATM, tetapi bisa langsung bertransaksi secara online melalui ponsel dengan menukar saldo XL Tunai seharga produk yang akan dibeli.

Cara tersebut merupakan salah satu bentuk e-commerce yang memudahkan konsumen bertransaksi. Untuk 2012 ini, XL yang terbilang belakangan dalam menerapkan e-commerce menargetkan peningkatan jumlah pelanggan XL Tunai yang signifikan.

"Tahun ini kami mencatatkan diri ke Bank Indonesia akan meraup 300.000 pelanggan layanan XL Tunai," tutur Dian.

Untuk mencapai target itu, lanjut dia, XL mulai menyiapkan berbagai strategi. Salah satunya adalah dengan memperbanyak merchant atau toko yang bekerja sama dengan XL Tunai.

"Di 2012 ini kami targetkan ada 12.000 merchant yang diharapkan menjalin kerja sama, terutama retailing store. Tiap bulan ada merchant baru," imbuhnya.

Selain itu, nilai transaksi yang sebelumnya berkisar Rp 150.000 per transaksi diperkirakan akan terus meningkat di 2012.

"Sekarang sudah meningkat sampai Rp 500.000. Kami optimistis, nilai transaksi akan meningkat lagi seiring dengan merchant yang lebih banyak," tandas Dian.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.