Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
E-COMMERCE

e-Commerce

"XL Tunai" Bidik 300 Ribu Pelanggan

Kompas.com - 01/02/2012, 02:45 WIB
Sabrina Asril

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Operator seluler XL mulai merambah dunia e-commerce bagi para konsumen online shopping melalui program XL Tunai yang sudah berjalan sejak Maret 2011. Tahun ini XL menargetkan jumlah pelanggan XL Tunai mencapai 300.000 pelanggan.

"Untuk saat ini kami sudah memiliki 4000-5000 pelanggan aktif XL yang telah memanfaatkan sarana pembayaran XL Tunai," ujar Direktur Teknologi Cotent & New Business XL, Dian Siswarini, Selasa (31/1/2012), di Menara Prima, Jakarta.

Adapun XL Tunai adalah e-money dengan sistem server-based, di mana nilai uang pelanggan tersimpan di server yang berada di XL. Dengan layanan ini, konsumen tidak perlu lagi membayar produk yang dibutuhkan melalui mesin ATM, tetapi bisa langsung bertransaksi secara online melalui ponsel dengan menukar saldo XL Tunai seharga produk yang akan dibeli.

Cara tersebut merupakan salah satu bentuk e-commerce yang memudahkan konsumen bertransaksi. Untuk 2012 ini, XL yang terbilang belakangan dalam menerapkan e-commerce menargetkan peningkatan jumlah pelanggan XL Tunai yang signifikan.

"Tahun ini kami mencatatkan diri ke Bank Indonesia akan meraup 300.000 pelanggan layanan XL Tunai," tutur Dian.

Untuk mencapai target itu, lanjut dia, XL mulai menyiapkan berbagai strategi. Salah satunya adalah dengan memperbanyak merchant atau toko yang bekerja sama dengan XL Tunai.

"Di 2012 ini kami targetkan ada 12.000 merchant yang diharapkan menjalin kerja sama, terutama retailing store. Tiap bulan ada merchant baru," imbuhnya.

Selain itu, nilai transaksi yang sebelumnya berkisar Rp 150.000 per transaksi diperkirakan akan terus meningkat di 2012.

"Sekarang sudah meningkat sampai Rp 500.000. Kami optimistis, nilai transaksi akan meningkat lagi seiring dengan merchant yang lebih banyak," tandas Dian.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com